Usung Jakarta Bangkit di HUT ke-494, Anies Ungkap Pentingnya Sikap Optimis Momentum Pulihkan Ekonomi

"Kami mempromosikan dan mengadopsi pendekatan kolaborasi. Kita bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi warga ibu kota dan untuk membangun kota ini menjadi kota yang lebih baik," Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Berikut beritanya.
Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group,#JAKARTABANGKIT PENCANANGAN HUT KE-494 KOTA JAKARTA,BERITA PEMERINTAH PROVINSI (PEMPROV) DKI JAKARTA,GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN,HUT PEMPROV DKI JAKARTA KE-494,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,USUNG JAKARTA BANGKIT DI HUT KE-494,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA

PariwisataIndonesia.id – Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-494 Kota Jakarta, tinggal beberapa pekan lagi. Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar acara seremonial di Balai Kota Jakarta, pada Senin (24/5) lalu, menandai dimulainya sebuah rangkaian kegiatan hari ulang tahun Jakarta yang jatuh pada Selasa, 22 Juni nanti.

Berkaca pada HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebelumnya, perayaan kali ini pun masih digelar di tengah pandemi COVID-19. Dalam sambutan tersebut, Anies mengusung tema ‘Jakarta Bangkit’.

“Selama satu tahun ini kita merasakan penurunan kegiatan akibat dari pandemi covid-19. Kegiatan ekonomi, sosial berkurang, kegiatan kebudayaan menurun, intensitas, dan aktivitas keagamaan juga menurun. Nah kita sekarang sudah mulai memasuki fase menuju bangkit,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam siaran resminya, dikutip situs Pariwisata Indonesia, Rabu (2/6).

Dari penelusuran Redaksi Pariwisata Indonesia, perayaan dimaksud sudah dimulai sejak April 2021, terungkap dalam acara bertajuk ‘Berkah Energi Ramadan’.

Tak cuma itu saja, sejumlah event pun tengah digelar di Jakarta untuk mendukung hal tersebut, seperti ‘Jakpreneur Fest’ upaya memberikan promosi optimal bagi pelaku UMKM dalam membangkitkan usaha mereka.

Berikutnya, akan digelar pula ‘Jakarta Investment’ yang bertujuan untuk memperbaiki keadaan fiskal Jakarta melalui skema investasi dan membangun Jakarta berkonsep kolaborasi. Dari sisi transportasi, akan dilaksanakan Penataan Stasiun Tahap II, Fasilitasi Integrasi CSW, dan Desain Proteksi Jalur Sepeda.

Kemudian, tak kalah pentingnya akan ada aksi hemat energi dan masih satu rangkaian kegiatan hari ulang tahun Jakarta tahun 2021, yaitu pemadaman lampu di 7 landmark Kota Jakarta selama 1(satu) jam guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni nanti.

Menurut Gubernur Anies, makna filosofis dari tema ‘Jakarta Bangkit’ adalah memupuk sikap optimis di tengah pandemi, bahkan Orang Nomor Satu di lingkungan Pemprov DKI juga menilai orang yang memutuskan hidup di Kota Jakarta adalah orang-orang yang tangguh, karena mereka berani dan harus siap dengan segala tantangan.

Oleh karenanya, gelaran tahun lalu dengan mengusung tema ‘Jakarta Tangguh’ menjadi dasar pijakan Pemprov DKI tahun ini, dan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kelahiran 7 Mei 1969 berdoa, Jakarta akan lebih baik lagi saat awal menghadapi tsunami COVID-19.

“Pemprov DKI memilih untuk melihat pembangunan Jakarta sebagai kesempatan bagi semua untuk berkiprah. Jadi, tidak dimonopoli Pemerintah, tapi kita ajak semua terlibat. Mengapa? Karena, tidak ada kota di Indonesia yang memiliki sumber daya sebanyak Jakarta, baik NGO, pelaku usaha, pengamat, analis, konten kreator, dan lembaga internasional,” ungkapnya.

Sambungnya, “Kami memang tentukan arah pembangunannya, tapi kami ajak semua terlibat. Ini mindset baru di DKI Jakarta, tapi ini bukan baru bagi Indonesia, karena bangsa ini dibangun dengan semangat gotong royong,” kata Anies.

Lebih lanjut, Suami dari Fery Farhati Ganis menyebut kolaborasi bersama dibutuhkan agar Jakarta bangkit. Di sisi lain, Anies pun mengajak masyarakat dan seluruh pihak dapat berperan serta dalam membangun Ibu kota sebelum hengkang ke Borneo.

“Kami mempromosikan dan mengadopsi pendekatan kolaborasi. Kita bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi warga ibu kota dan untuk membangun kota ini menjadi kota yang lebih baik,” paparnya.

Diketahui, perayaan HUT Kota Jakarta ke-494, akan dilaksanakan di sejumlah lokasi, seperti di Kampung Akuarium di Jakarta Utara; Pasar Embrio di Jakarta Timur; dan Pasar Kwitang di Jakarta Pusat. Sudah tentu, pemilihan lokasi tersebut menunjukkan Jakarta bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi dan sosial.

Untuk informasi lebih lanjut terkait rangkaian perayaan HUT ke-494 Kota Jakarta dapat diakses melalui website plusjakarta.com. (Ay/Eh)