Semarang rasa Belanda, Kamu Wajib Kunjungi!

Kota Lama Semarang

Jika ditanya Ibukota Jawa Tengah, tentu jawabannya Kota Semarang. Sebagai salah satu kota besar yang ada di Indonesia, Semarang memiliki banyak pesona wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata belanja pada Simpang Lima, oleh-oleh bandeng presto yang terkenal, sampai pesona Little Netherland di Kota Lama.

Mendengar Kota Lama, pasti yang ada di benak Sobat Pariwisata adalah Kota Tua di Jakarta. Namun, kedua tempat ini memiliki perbedaan. Jika Kota Tua menyatu dengan Jakarta, Kota Lama di Semarang justru lebih kompleks dan bahkan dianggap sebagai wilayah yang terpisah dari Kota Semarang.

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang, foto: Felindra Susandi

Ini tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya semua fasilitas di Kota Lama Semarang terbilang lengkap, mulai dari kantor pos, bank, tempat ibadah, sampai restoran. Kota Lama juga memiliki gaya arsitektur khas Belanda.

Ketika sobat datang ke Kota Lama Semarang, sobat akan disambut dengan bangunan-bangunan yang bergaya Eropa Belanda sekitar tahun 1700an. Hal ini terlihat dari ukiran-ukiran, ukuran pintu, jendela dengan ukuran yang besar, ruangan bawah tanah, dan atap unik bernuansa Eropa.

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang, foto: antara news

Pada abad 19 sampai 20, Kota Lama Semarang merupakan kawasan yang menjadi pusat perdagangan. Selama lebih dari 2 abad itu, Kota Lama ini menjadi salah satu saksi bisu sejarah Indonesia pada zaman kolonial Belanda. Wilayah ini juga disebut dengan Outstadt. Karena tampak terpisah dengan kota lain dan seolah-olah berdiri sendiri, Kota Lama ini juga sering disebut “Little Netherland”.

Kawasan yang terletak di Jalan Gelatik, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah ini, memiliki akses bebas masuk. Sehingga, Sobat Pariwisata bisa menikmati keindahan Kota Lama secara cuma-cuma. Wisatawan bisa langsung menuju kawasan ini menggunakan kendaraan pribadi atau jasa transportasi umum.

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang, foto: CNN

Bila ingin mendapatkan sensasi tak terlupakan, sobat bisa mengunjungi kota Semarang pada malam hari. Lampu-lampu jalan dan taman yang berwarna-warni, akan menambah kecantikan gedung-gedung klasik di sana. Jangan takut Kota Lama tutup, karena kawasan ini tidak memiliki batas jam kunjung. Namun, harus tetap jaga ketertiban umum ya Sobat Pariwisata! (Bahrul/Nita)

Redaksi PI


[sticky_in_grid]

Tentang Kami

Beautiful Indonesia | Happiness Anywhere & Everywhere
Contact Editorial: redaksi@pariwisataindonesia.id




Berlangganan