Surjan, Baju Adat di Yogyakarta

Tora Mieke trial

Kota Yogyakarta yang merupakan ibu kota dan pusatnya pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota yang memiliki tempat wisata, kawasan cagar budaya, dan benda cagar budaya yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. Selain itu perlu kita tahu bahwa Yogyakarta merupakan salah satu kota yang sangat kental dengan pakaian adatnya, karena di jogja memiliki keraton Yogyakarta.

Sebagai kota wisata sekaligus kota pelajar sebagai julukan kota Yogyakarta, kota ini juga mempunyai banyak budaya warisan salah satunya yakni pakaian adat jogja yang biasa dipakai dalam acara-acara tertentu.

Ada beberapa macam pakaian adat yang banyak dipakai oleh masyarakat Yogyakarta. Salah satunya adalah Surjan, yaitu busana atas resmi adat Jawa yang dipakai untuk pria.

Ilustrasi Instagram Mieke dan Keluarga Besar Tora Sudiro dalam balutan baju Surjan Khas Yogyakarta, Kepoin Yuk!

Baju adat ini bahan dasar bermotif lurik, meskipun dapat pula bahan bermotif kembang-kembang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “Surjan” berarti baju jas laki-laki khas Jawa, berkerah tegak, berlengan panjang, terbuat dari bahan lurik atau motif berkembang.

View this post on Instagram

Romantisnya Mas @t_orasudi_ro dan mbak @mieke_amalia couple pakai Lurik 😘😘😘 . . . Mereka aja bangga pakai Lurik, kamu gimana ? 😄😄 . . Lurik, selamanya akan tetap dilirik Pict by : @t_orasudi_ro ………………………………………………………………………………………… #lurik #kainlurik #bajulurik #kainlurikmurah #lurikindonesia #lurikjogja #kaintenun #kainbatik #batik #jualkainbatik #jualkainlurik #seragamlurik #seragambatik #batikseragam #bahankainlurik #jualbatik #oleholehjogja #bajusurjan #seragamkantor #seragamkerja #batikkantor #batikkerja #lurikjogjakarta #seragambatikkerja #surjan #seragambatikkeluarga #batikkeluarga #seragamkeluarga #seragamnikah #oleholehkhasjogja

A post shared by KAIN LURIK YOGYAKARTA (@kainlurik) on

Baju Surjan merupakan pakaian adat Yogyakarta yang sering digunakan pria untuk upacara Grebeg.

Baju ini memiliki motif yang bermacam-macam, tapi yang paling sering digunakan adalah surjan garis-garis berwarna cokelat.

Pengunaan surjan biasanya dipadukan dengan kain jarik bermotif dan blangkon sebagai aksesori kepala.

View this post on Instagram

Happy2 joy joy pangky sonya ❤❤❤

A post shared by Tora Sudiro (@t_orasudi_ro) on

Meski yang banyak diketahui masyarakat luas hanya satu jenis surjan saja, yaitu surjan lurik; sebenarnya surjan memiliki beberapa jenis lain. seperti, Surjan Lurik dan Ontrokusuma.

Disebut surjan lurik karena surjan miliki motif lurik bergaris-garis.

View this post on Instagram

Lur

A post shared by Tora Sudiro (@t_orasudi_ro) on

Sedangkang Surjan Ontrokusuma, ini memiliki motif bunga (kusuma). Yang diperuntukkan bagi para bangsawan, biasanya surjan ontrokusuma terbuat dari kain sutera bermotif bunga sebagai hiasannya. Pakaian adat jogja ini pada umumnya akan digunakan ketika ada hari-hari besar atau upacara adat saja.

Ilustrasi foto baju surjan, Instagram @kain.tenun.lurik.batik

Redaksi PI


[sticky_in_grid]

Tentang Kami

Beautiful Indonesia | Happiness Anywhere & Everywhere
Contact Editorial: redaksi@pariwisataindonesia.id




Berlangganan