Trio BUMN akan Renovasi Gedung Sarinah, ‘Sukses!’

Trio BUMN akan Renovasi Gedung Sarinah, ‘Sukses!’

Sarinah Tergilas Zaman Tapi Dicinta Masyarakat Indonesa

PT Sarinah (Persero) adalah perusahaan pelat merah dan populer disingkat Gedung Sarinah atau Sarinah-Thamrin. Sarinah adalah BUMN dibawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Gedung ini baru diduga sebagai bangunan Cagar Budaya.

Manajemen Sarinah percaya diri melenggang putuskan renovasi. Tetap akan melakukan peremajaan Gedung Sarinah, tetapi saat ini, lebih berfokus pada pengosongan bangunan. Semua proses dilakukan sambil berjalan.

Keputusan PT Sarinah (Persero) merenovasi berdampak ditutupnya gerai perdana McD Sarinah Thamrin di gedung tersebut malam ini, Minggu (10/5). Dampak Gedung dibikin cantik, viral dan trending topic, ‘McDonald’s (McD) Sarinah Thamrin, tutup!’

Ilustrasi visual Instagram@anshar_decepticon12, punya banyak cerita tentang McD Sarinah Thamrin.

View this post on Instagram

Repost: @tempatbercakap @bimoky @tempatberjodoh to everyone [monologue ]: an attachment between a people and a place. #tempatbercakap – Berada di dalam situasi daerah dalam waktu yang lama, dapat membuat seseorang memiliki ikatan emosional dengan tempat tersebut. Hal tersebut dapat dikaitkan dengan teori Place Attachment(Low dan Atman, 1992): Teori ini mengatakan bahwa setiap individu memiliki keterkaitan dirinya pada tempat tertentu(yang mereka pernah kunjungi sebelumnya). – Dalam monologi di atas, Bimo menjelaskan rasa cinta dan kenangan yang ia ingat akan tempat tersebut. Kenangan yang ia miliki di tempat ini bahkan membuat dirinya lebih mengingat tentang detail tempat daripada seseorang yang menemani ia ketempat itu. – Artinya, MCD Sarinah (Thamrin Jakpus) telah mengikat bimo secara emosional di sini. Kenangan yang pernah ia lalui di tempat ini kemudian akan BERAFILIASI Kepada MCD ini. Sekian, Salam dari indahnya malam hari yang ramai di atas perempatan Menteng, DKI Jakarta. – TAG TEMEN KALIAN YANG PERNAH KESINI! – – – – – – – – – #mcdsarinah #mcdtutup #mhthamrin #tempatbercakap #tanjungpinang #kepulauanriaubukanriau #batamberteman #selebgrambatam #selebgramjkt #selebgramtanjungpinang #kenanganterindah #macdonalds🍟 #lfl💛lfllflfllffllflflflflflflflflfllflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflflfllflflflflflflflflfllflfllflflflflflflfllflflflflflllfl #lfllflffllfllflflflfllffllflfllflflfllflflflfllffllflfflfllfllflfl💙💙 #lff❤ #ffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffff

A post shared by Anhar_Decepticon12 (@anhar_decepticon12) on

Keterangan Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, di Jakarta, (8/5) menyebutkan renovasi Gedung Sarinah dilakukan mulai Juni 2020 setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan selesai pada Mei 2021.

“Program renovasi Gedung Sarinah direncanakan akan selesai pada bulan Mei 2021,” katanya.

Ia menjelaskan Sarinah saat ini sedang melakukan program transformasi dalam upaya meremajakan konsep dan model bisnis Sarinah yang salah satunya adalah melakukan renovasi gedung.

“Sarinah akan mengusung konsep baru dengan mengadopsi tema kekinian, tetapi tetap mengedepankan budaya Indonesia,” Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, Dirut PT Sarinah (Persero),

Padahal sudah lama tentang rencana akan pemugaran ini disampaikan, tapi sekarang beritanya marak!

McD Sarinah bagian dari cerita perjalanan hidup yang malam ini tergusur karena zaman. Punya kenangan manis di hati masyarakat Indonesia.

Momen dan cerita-cerita seliweran, sambar menyambar seperti membuka buku diary yang sudah digembok.

Gedung Sarinah bisa disebut kalah pamor. Data digital menjelaskan aktivitas ini tercatat sejak Januari-Februari 2019 santer dituliskan ‘Bangunan Cagar Budaya yang tidak terawat dan menyebut Gedung Sarinah rencana dipugar besar-besaran.’

pariwisata Indonesia

(Jumat, 08 Feb 2019 12:13 WIB) Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Sarinah (Persero) menggandeng PT Wijaya Karya dan PT Pembangunan Perumahan (PP) Melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembangunan dan Pengembangan Aset Sarinah Thamrin / Foto: Herdi Alif Al Hikam dari Detik.com

Redaksi Pariwisata Indonesia mengutip satu saja dari Sumber Kantor Berita Antara mencatat, PT Sarinah (Persero) menggandeng PT Wijaya Karya (Wika)Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk kembangkan kompleks komersil di atas lahan milik Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Ditulis dalam situs Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, menuturkan secara rinci saat di kantor Kementerian BUMN pada Jumat, tanggal 8 Februari 2020.

Disebutkan di atas lahan seluas 1,7 hektare (ha) akan dibangun dua gedung (tower). Peruntukan lahan ini dibangun atas dasar kebutuhan area bisnis dan komersil. Terdiri dari mal, gedung perkantoran, area pameran dan pertemuan termasuk area hiburan. Satu rencana lain yang juga disebutkan Dirut Sarinah berencana membangun apartemen mewah.

“Di Jalan Thamrin, Wahid Hasyim, Sunda itu kurang lebih 2,8 ha tapi Sarinah yang memiliki lahan 1,7 ha. Yang kita bangun pertama dulu 1,7 ha dulu kita akan bangun untuk menjadi gedung 41 lantai dengan tiga basement. Nanti kita membuat kawasan open jadi smart building juga,” Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, Direktur Utama PT Sarinah (Persero).

Sementara itu, Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk, Tumiyana mengatakan, kerja sama antara Sarinah, Wika dan PP tersebut dalam bentuk joint venture, dengan komposisi kepemilikan Sarinah dengan prosentase 55 persen. Pesan ini disampaikan di Kantor PT Sarinah (Persero) selepas penandatanganan perjanjian kerjasama pembangunan dan pengembangan aset Sarinah Thamrin di Jakarta, pada 8 Februari 2019.

“Kita bertiga, Sarinah sebagai pemilik lahan, jadi majority share holder. Sarinah 55 persen, kita berdua (PP dan Wika) 45 persen,” Tumiyana, Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk.

Saksikan video tembang lawas di channel Youtube Sumartono NLN. Jangan lupa untuk subscribe.

Secar terpisah, dalam rilis resminya(9/5) Haslinda Triekasari selaku Corporate Secretary PT. Sarinah (Persero) menulis, “Sesuai dengan perjanjian Sewa-Menyewa semua hak dan kewajiban para pihak akan diselesaikan secara musyawarah untuk kesepakatan yang dapat diterima semua pihak (amicable solution),” ditulisnya.

Ditambahkan, “Terima kasih kepada semua pihak atas pengertian dan kerjasamanya. Mohon doa restu agar Sarinah sebagai department store historis bangsa ini bergeliat kembali dan bersama masyarakat menuju masa depan yang lebih baik, terutama dalam meraih kebangkitan brand dan produk lokal dengan kualitas global maupun produk global dengan konten lokal dalam rantai nilai (value chain) UMKM unggulan nasional,” tutup Haslinda Triekasari Corporate Secretary PT. Sarinah (Persero).

Keputusan untuk merenovasi gedung Sarinah sempat disinggung Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam catatan redaksi Pariwisata Indonesia melalui Instagram@erickthohir pernah memposting potongan video tanggal 27 Desember 2019 dan menuliskan Menteri Erick menyatakan akan bantu mengembangkan Sarinah.

“Saya berkunjung ke Sarinah kemarin, selain mencari beberapa barang untuk isi kantor, saya ingin melihat langsung proses bisnis dan juga kondisi Sarinah saat ini. Ternyata memang banyak hal yang harus dibenahi. Pembaharuan perlu dilakukan untuk dapat tetap bersaing, namun dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri,” Erick Thohir, Menteri BUMN .

Dampak Gedung dibikin cantik, viral dan trending topic, MCD Sarinah Thamrin ditutup malam ini mulai pukul 22.05 wib, pada Minggu, 10 Mei 2020.

Berita terbarunya kepada wartawan, Sabtu (9/5) Menteri Erick menjelaskan dengan bahasa kekinian transformasi Gedung Sarinah pada intinya kembali ke khitah dengan tetap menjaga keutuhan warisan para pendiri bangsa, namun dengan kemasan dan eksistensi kekinian dan yang menjanjikan pertumbuhan usaha berkelanjutan di masa depan.

Saksikan video tembang lawas di channel Youtube May Sumarno. Jangan lupa untuk subscribe.

Upaya kompetitif dan zaman dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri, ditegaskan kembali oleh Menteri Erick perlunya pembaharuan Gedung Sarinah.

Baca Juga:  Sarinah di Renovasi, Store UMKM Makin Berkelas!

“Sarinah sebuah project yang diciptakan Pak Soekarno yang luar biasa. Sarinah hari ini harus ada Sarinah ke depan, karena itu Pak Jokowi sendiri bersama saya mendiskusikan bagaimana supaya konsep ritel ini lebih friendly kepada Indonesia yang mana artinya ada keberpihakan pada merek lokal dan hasil UKM yang dikuratorkan,” Erick Thohir, Menteri BUMN.

Saksikan video tembang lawas di channel Youtube Wieteke van Dort-Topic. Jangan lupa untuk subscribe.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )