Keindahan Desa Kutukan Bikin Susah Move On

Wisata Legenda Goa Putri di Provinsi Sumatera Selatan
Pariwisata Indonesia, Pariwisata di Indonesia, Pariwisata Indonesia Agustus 2022, Berita Pariwisata Indonesia 2022, Artikel Pariwisata Indonesia Agustus 2022, PARIWISATA SUMATERA SELATAN, SITUS CAGAR BUDAYA GOA PUTRI, WISATA LEGENDA DI SUMATERA SELATAN, Media PVK Group, PT Prima Visi Kreasindo, Trippers, Situs Online Pariwisata Indonesia, Media Pariwisata Indonesia, Mitos yang berkembang di masyarakat terkait Goa Putri di Sumatera Selatan, Putri Dayang Merindu diperebutkan dua orang sakti yaitu pendekar dengan julukan si Pahit Lidah dan Si Mata Empat, Legenda Masyarakat Sumatera Selatan tentang Goa Putri, Lokasi Wisata Legenda di Goa Putri
Ilustrasi gambar: Wisata Legenda Goa Putri yang mengemuka di Provinsi Sumatera Selatan. (Foto: Media PI/Dok. @pesonasriwijaya)

Halo, Gaes!

Buat lo selaku pecinta wisata legenda, tempat yang bakal gua ulas berikut ini wajib banget dikunjungi saat liburan di Bumi Sriwijaya. Goa Putri namanya.

Goa Putri terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel).

Tatkala, lo menempuh perjalanan dimulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, maka jaraknya diperkirakan 230 kilometer.

Atau lokasi persis objek wisata ini, terletak satu kilometer yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim.

Goa Putri menjadi salah satu dari deretan objek wisata yang diminati oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri ketika berlibur di provinsi ini.

Meski cukup jauh, lo jangan khawatir, karena ada banyak moda transportasi yang bisa mengantar ke lokasi Goa Putri.

Tapi Gaes, enggak hanya goa itu aja, sebenarnya ada empat goa lainnya yang juga tak kalah menariknya buat dijelajahi, di antaranya Goa Harimau, Goa Karang Pelaluan, Goa Selabe, dan Goa Akar.

Namun, Goa Putri-lah yang paling populer dengan keindahan dan legendanya.

Oh ya Gaes, goa tersebut, -semuanya- berada di kawasan pegunungan karst Bukit Barisan, dan masih masuk dalam wilayah Provinsi Sumsel.

Alkisah, di zaman dulu tinggallah ‘Putri Dayang Merindu’ yang terkenal dengan kecantikannya, karena pesonanya itu, jadi rebutan dua pendekar sakti, yaitu Seruling Sakti yang mendapat julukan Si Pahit Lidah, dan pendekar berikutnya tersohor dengan sebutan Si Mata Empat.

Di satu hari, Putri Dayang Merindu mandi di muara sungai dan seorang pengembara bernama Seruling Sakti tengah melintas.

Konon, kesaktian salah satu pendekar asal Kota Pagaralam ini, apapun yang diucapkannya akan jadi kenyataan.

Singkat cerita, sang putri yang sedang asik-asiknya dengan aktivitas yang biasa dilakukannya kala itu, ditambah lagi tidak pula memperhatikan kehadiran Serunting Sakti.

Alhasil, sang putri tekesan menghiraukan sapaan si orang sakti ini.

Menyadari bahwa sapanya tak mendapat respons, Serunting Sakti merasa tersinggung dan sakit hati. Kemudian, dia berkata, “Sombong nian putri ini. Diam seperti batu.”

Tiba-tiba saja, Putri Dayang Merindu dalam sekejap berubah wujud menjadi batu. Wah, vibesnya mirip-mirip legenda Malin Kundang, ya?

Inilah salah satu dari sekian banyak bukti kutukan ‘Si Pahit Lidah’.

Peristiwanya itu sendiri terjadi pada desa tempat tinggal Putri Dayang Merindu, yang tak lain, hal tersebut adalah cerita rakyat yang emang udah melegenda.

Serunting Sakti mengucapkan kutukannya, karena desa itu dianggapnya sepi seperti goa. Tak butuh waktu lama, berubahlah menjadi goa yang sampai hari ini disebut Goa Putri.

Goa Putri memiliki lebar mencapai 20 meter dengan panjang hingga 160 meter.

Di dalamnya, lo bisa mengagumi hasil kerja-kerja alam selama ribuan tahun berbentuk stalaktit yang membeku dan menggantung eksotik di langit-langit, juga stalagmit yang tampak menyembul dari lantai goa.

Uniknya, di goa ini terdapat ruangan-ruangan menyerupai ruangan dalam istana, seperti ruang pembaringan hingga ruang memasak.

Bahkan, stalagmit, stalaktit, serta bebatuan di goa, juga memiliki bentuk serupa perkakas dan ornamen kerajaan.

Menyaksikan hal tersebut, tak sedikit pula yang berpendapat, itu hanya efek ilusi visual aja.

Buat yang satu ini, Gaes!

Pls, deh, jangan sampai terlewatkan saat lo sudah menginjakkan kakinya di Goa Putri, yaitu Sungai Semuhun.

Daya tarik sungai ini emang indah banget, apalagi airnya, wow jernih dan menyegarkan. Untuk menemukan lokasi Sungai Semuhun, tenang aja, masih berada di dalam goa itu, kok.

Dijamin, wisata air ini pas banget buat nyegerin tubuh lo setelah menyusuri dan mengagumi tiap sisi Goa Putri.

Sungai ini dinamakan semahun, karena terkandung makna sebagai sungai pengharapan.

Mitosnya, siapapun yang berdoa dengan sebelumnya sudah cuci kaki, cuci tangan atau mandi sambil memohon kepada Yang Maha Kuasa di Sungai Semuhun, harapannya akan terkabul.

Selain itu juga dipercaya bahwa siapapun yang mencuci muka dengan air sungai ini, dia akan awet muda. Wah, budget skincare bakal bisa berkurang, nih.

Terlepas dari kepercayaan yang telah beredar di masyarakat, Goa Putri sangat layak lo kunjungi. Selain, karena keindahan goanya yang memukau tersebut, sekaligus pula akan bikin lo susah move on.

So, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan liburan lo ke Palembang dan jangan lupa mampir ke ‘desa kutukan’ yang indah. (Anita)

Pewarta: Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022

× Hubungi kami