Mengibarkan Sang Saka Merah Putih, Berikut 6 Rekomendasi Destinasi Pendakian Terfavorit saat HUT Kemerdekaan RI

Pariwisata Indonesia, Pariwisata di Indonesia, Pariwisata Indonesia 2022, Berita Pariwisata Indonesia, Mengibarkan Sang Saka Merah Putih, 6 Rekomendasi Destinasi Pendakian Terfavorit saat HUT Kemerdekaan RI,Anak Gunung pasti paham banget mendaki gunung jadi salah satu aktivitas favorit untuk mengibarkan Bendera Merah Putih saat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,Gunung Jayawijaya, Berapa Ketinggian Gunung Jayawijaya, Ini Daya Tarik Gunung Jayawijaya,Gunung Rinjani, Berapa Ketinggian Gunung Rinjani, Ini Daya Tarik Gunung Rinjani,Gunung Bawakaraeng, Berapa Ketinggian Gunung Bawakaraeng, Ini Daya Tarik Gunung Bawakaraeng,Gunung Yuvai Semaring, Berapa Ketinggian Gunung Yuvai Semaring, Ini Daya Tarik Gunung Yuvai Semaring,Gunung Kerinci, Berapa Ketinggian Gunung Kerinci, Ini Daya Tarik Gunung Kerinci,Gunung Semeru, Berapa Ketinggian Gunung Semeru, Ini Daya Tarik Gunung Semeru,Media Pariwisata Indonesia, Situs Online Pariwisata Indonesia, Media Online Pariwisata Indonesia, Trippers, PT Prima Visi Kreasindo, Ini 6 Rekomendasi Destinasi Pendakian Terfavorit saat HUT Kemerdekaan RI
Ilustrasi gambar: Mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak gunung yang ada di Indonesia (Foto: Dokumen Pribadi)

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Untuk lo yang ngaku sebagai ‘Anak Gunung’, pasti paham banget, mendaki gunung jadi salah satu aktivitas favorit untuk mengibarkan ‘Bendera Merah Putih’ saat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setuju dong, Gaes?

Lelah lo mendaki setelah menempuh jalan terjal dan menghadapi berbagai rintangan, akan terbayar saat berhasil menancapkan Merah Putih di puncak gunung. Meski tidak setara, hal itu bisa diibaratkan seperti perjuangan yang harus ditempuh untuk mencapai kemerdekaan.

Sejalan dengan hal tersebut, buat lo yang pengen ngerayain HUT RI di puncak gunung di Indonesia, gue punya enam rekomendasi destinasi pendakian terfavorit, yang wajib untuk lo daki.

Enggak pake lama dan ribet-ribet, nyok kita let’s go dengan cekidot deretan gunung berikut:

1. Jayawijaya

Sebagai puncak tertinggi di Indonesia, menaklukkan Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya bisa masuk ke wishlist lo saat merayakan HUT RI.

Gunung yang juga dikenal sebagai Carstensz Pyramid ini terletak di Papua, dan dari informasi resminya, mencatat bahwa puncak gunung itu mencapai ketinggian hingga 4.884 mdpl, loh!

Salah satu tantangan yang harus lo lewatin saat menuju Puncak Jaya adalah perubahan cuaca yang ekstrem. Ditambah lagi, lo juga kudu nyiapin fisik dan mental yang super prima, enggak cuma itu doang, karena lo mesti pula didukung team work yang baik.

Tapi tenang aja, semua akan terbayar saat lo sukses mengibarkan Merah Putih di puncaknya yang masih tertutup salju.

2. Rinjani

Keindahan alam di Gunung Rinjani jadi salah satu alasan kenapa lo harus mendaki gunung yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lagi pula, nih, selepas lo menaklukkan gunung yang disebut-sebut ‘Cincin Api Pasifik’, enggak cuma menghadirkan sensasi yang luar biasa dan nampol abis, lebih jauh dari itu, bahkan akan menumbuhkan kebanggaan dalam diri lo sendiri.

Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini jadi lokasi kedua yang gue rekomendasikan bagi para pendaki untuk mengibarkan Merah Putih saat 17-Agustus.

Ada beberapa jalur yang bisa lo pilih saat mendaki Rinjani. Salah satunya yaitu jalur Sembalun yang relatif cukup mudah.

Perjuangan melawan debu, pasir, batu, dan hawa panas akan terbayar dengan pemandangan indah di puncaknya. Lo pun bisa menikmati langit bertabur bintang-bintang di malam harinya.

Hal lain yang enggak boleh lo lewatin di gunung ini adalah mampir di Danau Segara Anak. Lo bisa berkemah, memancing, dan berendam di hangatnya air belerang.

3. Bawakaraeng

Bawakaraeng atau ‘Mulut Tuhan’ merupakan gunung yang berada di Gowa, Sulawesi Selatan. Gunung yang memiliki ketinggian 2.845 mdpl ini memiliki keeksotisan tersendiri hingga jadi salah satu gunung favorit para pendaki.

Selain pemandangannya yang cantik, di gunung ini lo juga bisa menemukan satwa endemik Sulawesi seperti anoa dan babi rusa, Gaes!

Sebelum mendaki gunung yang digadang-gadang sebagai sumber air masyarakat Gowa dan sekitarnya ini, lo dituntut pula untuk nyiapin kondisi fisik yang benar-benar prima. Karena, selain cuacanya yang terbilang sedikit ekstrem, jalurnya yang terjal juga menjadi tantangan tersendiri.

Satu hal lagi yang enggak boleh lo abaikan, dan enggak hanya ke puncak gunung Bawakaraeng, termasuk deretan gunung lainnya yang ada di Tanah Air, tetap harus mematuhi peraturan keselamatan diri, ya!

4. Yuvai Semaring

Meski bukan merupakan gunung tertinggi di Kalimantan Utara, Yuvai Semaring yang berada di Krayan, Nunukan, jadi salah satu tempat recommended buat didaki.

Gunung ini, selain cocok untuk memperingati HUT RI, mengibarkan Merah Putih di puncak gunung Yuvai Semaring juga bisa mengobarkan semangat nasionalisme di wilayah perbatasan, loh!

Tinggi puncaknya yang hanya mencapai 1.104 Mdpl, membuat gunung kebanggaan masyarakat Dayak Lundayah ini relatif mudah didaki, tak terkecuali buat lo-lo yang masih newbie dalam pendakian.

Jangan lewatkan pula, Gaes! Untuk menikmati keindahan alamnya yang memesona saat sudah menginjakkan kaki di puncak gunung, apalagi momen ketika sunrise dan sunset-nya.

5. Kerinci

Gunung yang berada di wilayah Jambi dan Sumatera Barat ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Karena jalurnya cukup terjal, maka lo harus nyiapin fisik yang kuat untuk mendaki gunung berapi yang masih aktif, juga masuk dalam rentetan gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Kekayaan flora dan fauna yang menakjubkan di Gunung Kerinci akan nemenin lo sampai ke puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Selain itu, ada Danau Bento yang bisa lo temuin di bagian timur gunung. Sampai di puncaknya, lo juga bakal disuguhi pemandangan Kota Bengkulu, Padang, Jambi, serta Samudera Hindia.

Dengan tinggi yang menantang ditambah pemandangan yang menakjubkan, enggak heran kalo Gunung Kerinci jadi salah satu gunung favorit para pendaki untuk mengibarkan Sang Merah Putih.

6. Semeru

Lo yang suka hiking, pasti udah enggak asing dengan rekomendasi dari gue yang berada di urutan paling buncit ini.

Mau tahu kenapa, Gaes? Karena, Gunung Semeru yang terletak di wilayah Jawa Timur, keindahannya sungguh tak perlu diragukan lagi dan menjadi lokasi terpopuler bagi para pendaki Indonesia.

Saking populernya, gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini juga pernah menjadi setting salah satu film buatan anak negeri.

Saat mendaki di Semeru, Danau Ranu Kumbolo adalah tempat singgah wajib yang harus lo datangi. Di sini lo bisa lihat barisan Milky Way, loh. Ada juga sepasang arcakuno bernama Arcapada yang jadi arca tertinggi di Pulau Jawa.

Oh, ya! Lo dianggap berhasil mendaki Semeru, ketika sampai di Puncak Mahameru.

Dari sini, lo bisa ngeliat keindahan barisan gunung-gunung yang berselimut awan. Jangan lupa pula, Gaes! Untuk mengikuti upacara bendera bareng-bareng Anak Gunung lainnya di puncak Semeru ini, ya!

So, dari enam gunung di atas, mana, nih, yang akan lo daki untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selanjutnya? (Anita)

Pewarta: Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022

× Hubungi kami