Uji Nyali di Pulau Menjangan Besar

PariwisataIndonesia, Foto-Salah satu spot wisata pantai menunjukkan indahnya pesona Pulau Karimunjawa
Ilustrasi gambar: Jangan lewatkan pula salah satu spot wisata pantai ini yang menunjukkan indahnya pesona Pulau Karimunjawa, siap menghipnotis siapapun dan menawarkan ‘candu’ yang dijamin wisatawan akan dibuatnya selalu rindu untuk terus datang kembali ke objek wisata yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Media PI/Sumber: Dokumen Pribadi)

Siapa tak kenal Pulau Karimunjawa yang terletak di sisi utara Kabupaten Jepara di Jawa Tengah ini? Selain terkenal akan destinasi alamnya dengan pantainya yang begitu memesona, tak terkecuali keindahan biota bawah lautnya.

Di sisi lain tak sedikit pula wisatawan lokal hingga mancanegara yang terus berdatangan karena rasa penasaran dan ingin merasakan langsung indahnya pulau ini.

Untuk mencapai ke sana, perkiraan waktunya sekitar 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan kapal Fery Express, dengan biaya 150 ribu atau bisa pula dengan kapal Muria yang merogoh kocek jauh lebih murah yakni 70 ribu tetapi Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang kapal Fery Express.

Bahkan Karimunjawa juga memiliki 27 pulau-pulau yang mengelilinginya, namun hanya ada 5 pulau yang berpenghuni, sisanya 22 pulau masih perawan alias belum dihuni oleh manusia. Adapun untuk sejumlah pulau yang sudah dihuni itu di antaranya Pulau Karimun Jawa, Kemojan, Nyamuk, Parang dan Genting.

PariwisataIndonesia
Ilustrasi gambar: Lokasi penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar cocok jadi tempat wisata anti mainstream. (Foto: Media PI/Dok. Shelo Soedarjo)

Karimunjawa mempunyai destinasi wisata menarik bagi wisatawan yang mungkin tidak ada di Pulau-pulau lainnya, yaitu Penangkaran Hiu. Mungkin yang masih asing terdengar menyeramkan dan menakutan.

Menyoroti lokasi tempat penangkaran Hiu ini berada di Pulau Menjangan Besar yang letaknya 1 km dari Pelabuhan Karimun Jawa dan untuk sampai di Pulau Menjangan Besar masih membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit lagi.

Di tempat ini, wisatawan bisa sekedar melihat-lihat hewan predator yang ganas dengan dikenakan biaya sebesar 40 ribu rupiah. Atau jika wisatawan mempunyai nyali yang lebih juga bisa bermain-main dengan Hiu dan juga snorkling di kolam penangkaran Hiu sambil ditemani Hiu-hiu.

Untuk bisa berenang bersama Hiu-hiu tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wisatawan, di antaranya wisatawan tidak berbau amis dan tidak mempunyai luka yang berdarah serta wisatawan juga diimbau tidak hanya bermain di permukaan air, tetapi langsung bisa berenang dengan menceburkan diri.

Penangkaran Hiu yang berada di Pulau Menjangan Besar ini sudah ada sejak 30 tahun lalu dan berawal dari hobi. Ada dua jenis Hiu yang ada dipenangkaran ini, ada Hiu hitam sirip putih dan Hiu putih sirip hitam. Sedangkan keseluruhan jumlah Hiu yang ada di penangkaran ini berjumlah 65 ekor. Selain Hiu, di Pulau ini juga terdapat penangkaran Penyu.

Pada dasarnya hiu merupakan binatang liar yang juga merupakan hewan predator. Bukan tidak mungkin hiu-hiu tersebut bisa menyerang manusia. Untuk itu sebaiknya perhatikan tips aman yang diberikan oleh pemandu. Hindari melakukan hal-hal yang justru membahayakan keselamatan saat wisata.

Tak hanya itu saja, di Pulau Menjangan Besar ini juga merupakan tempat penangkaran elang jawa, dan binatang itu termasuk salah satu dari deretan hewan yang hampir punah dan dilindungi.

Pariwisata Indonesia
Berenang sambil menikmati aktivitas lainnya seperti snorkeling , hingga merasakan sensasi tiada tara ketika berenang di penangkaran hiu yang memacu andrenalin. ( Foto: Media PI/Dok. Shelo Soedarjo)

Tak jauh dari sana wisatawan akan menemukan gosongan abadi. Penduduk sekitar menyebutnya Gosong Abadi. Gosongan kecil ini dihiasi dengan pohon-pohon bakau kecil yang baru saja tumbuh. Sedangkan perairan di sekitar gosongan terdapat pohon bakau dengan akar bakaunya tumbuh kuat untuk perlindungan ikan dan udang.

Berada di Pulau Menjangan Besar makin sempurna dengan menikmati keindahan pasir putih yang bersih di pantai ini. Ditambah lagi, eksotisnya hamparan laut di sini yang tak bisa lagi dilukiskan dengan kata-kata saking takjubnya.

Seru, bukan? Pesona objek wisata di Pulau Karimunjawa pastinya akan mampu menghadirkan sensasi tersendiri yang sayang buat dilewatkan untuk wajib dikunjungi.

Selain itu, dengan menginjakkan kaki di pulau ini sama halnya dengan kita pun turut membantu mempopulerkan wisata dalam negeri dan menunjukkan cinta kita pada negeri sendiri. (Ss/eh)

× Hubungi kami