Dipercaya Bikin Awet Muda, Mandi Air Terjun Ini!

Dipercaya Bikin Awet Muda, Mandi Air Terjun Ini!

Kesegaran Mata Air dari Air Terjun Gunung Rinjani

Lombok dikenal sebagai pulau saingan Bali dalam hal pariwisata, khususnya wisata alam. Di pulau terdapat sebuah gunung yang menjadi ikon khas Pulau Lombok, yaitu Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani dikenal di kalangan wisatawan memiliki mata air yang sejuk dan menyegarkan, seperti Air Terjun Sendang Gile.

Air terjun dengan tinggi 600 meter ini menjadi objek wisata pilihan wisatawan untuk menyegarkan badan, sebab air di Sendang Gile berasal dari mata air Gunung Rinjani. Warga setempat bahkan percaya, bahwa menggunakan air Sendang Gile untuk mandi atau mencuci muka, mampu membuat penampilan menjadi awet muda.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile, foto: trekking Rinjani

Nama Sendang Gile sendiri berasal dari asal usul ditemukannya air terjun ini. Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, air terjun ini dulunya ditemukan oleh seorang pemuda. Konon, Desa Senaru pernah di ganggu oleh adanya singa yang mengamuk di dalam kampung. Untuk mencari singa yang dijuluki sengang gile atau singa gila itu, seorang pemburu masuk ke dalam hutan. Pemburu itu berharap bertemu sengang gile.

Singkat cerita, bukan bertemu dengan singa, pemburu tadi justru bertemu dengan air terjun ini. Penduduk kampung kemudian menamai air terjun ini dengan nama sengang gile. Penyebutan Sendang Gile terjadi akibat adanya pergeseran penyebutan nama sengang oleh masyarakat.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile, foto: paketwisata.id

Terletak di Lombok Utara, Sobat Pariwisata bisa mengunjungi air terjun ini saat hendak mendaki atau menuruni Gunung Rinjani. Lokasi air terjun ini sebenarnya ada di pinggir jalan. Namun, untuk sampai ke air terjunnya kita harus turun ke lembah dan melewati anak tangga yang sudah disediakan.

Untuk masuk ke kawasan air terjun ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya membayar biaya parkir kendaraan. Selain itu, terdapat fasilitas kamar mandi untuk berbilas yang lagi-lagi tidak diberi tarif. Jika Sobat Pariwisata ingin memberikan sumbangan itu lebih baik, agar air terjun ini menjadi semakin terawat.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )