Mengenal Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi

Museum Affandi merupakan museum yang menyimpan hasil karya dari Seniman Affandi. Sobat Pariwisata, Affandi adalah seorang seniman yang bergelut di bidang seni rupa. Affandi merupakan pelukis yang produktif dan pernah mengadakan pameran sampai ke India dan Eropa. Di dalam museum Affandi, terdapat ribuan lukisan yang 300 diantaranya adalah lukisan Affandi sendiri.

Museum Affandi, Yogyakarta
Museum Affandi, Yogyakarta, foto: affandi.org

Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto nomor 167, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di pinggir Sungai Gajah Wong. Museum Affandj tidak hanya menyimpan lukisan yang di buat Affandi saja, tetapi juga menyimpan barang-barang peninggalan milik sang seniman kondang seperti sepeda onthel, mobil dan lain-lain.

Gallery Museum Affandy
Gallery Museum Affandy,foto: Expedia

Museum ini memiliki empat galeri, setiap galeri memiliki ciri khas dan karteristiknya masing-masing.

Galeri I

Di galeri ini kita akan disambut dengan tempat informasi dan penjualan tiket masuk ke Museum, di galeri I ini menjelaskan tentang karya-karya Affandi dari awal karir  hingga akhir karirnya, selain itu juga terdapat benda-benda milik Affandi seperti sendal jepit, kuas, ember, sepeda onthel, kain sarung dan semua yang berhubungan dengan Affandi semasa hidupnya.

Gallery Museum Affandy
Gallery Museum Affandy foto: 1001.com

Galeri II

Galeri II Museum Affandi terdiri dari 2 lantai, dulunya galeri II ini memamerkan lukisan-lukisan milik Affandi yang dijual, akan tetapi sekarang galeri ini di pergunakan untuk menyimpan karya lukisan dari pelukis lain, lantai pertama bertema lukisan-lukisan yang bersifat abstrak, dan lantai yang ke dua menyimpan lukisan yang lebih realis.

Galeri III

Ruangan ini juga terdiri 2 lantai, lantai yang pertama sebagai tempat memamerkan karya-karya lukisan dari keluarga Affandi, seperti lukisan dari karya-karya Kartika Affandi dan Putri Affandi, lalu lantai kedua digunakan sebagai ruang perawatan lukisan.

Galeri IV

Galeri ini berfungsi sebagai ruang pameran lukisan karya-karya Didit yaitu cucu dari Affandi.

Sobat Pariwisata, buat kamu yang sedang berlibur ke Yogyakarta wajib coba museum seni rupa yang menyimpan lukisan dari keluarga Affandi.(Bahrul)