Wisata Leuwi Tonjong, Phuket ala Garut

sumber foto : antaranews.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Garut juga makin rame dikunjungin para wisatawan. Di Garut, salah satunya kamu bisa mengunjungi objek wisata Leuwi Tonjong.

Ciri khas Leuwi Tonjong adalah terdapat dua bukit yang saling mengapit. Di bagian tengah terdapat curug kecil yang kemudian mengalir di antara sela-sela bukit.

sumber foto : instagram.

Go kuy basah-basahan di Leuwi Tonjong. Leuwi Tonjong sendiri merupakan aliran dari sungai Cihurip yang diapit dua tebing setinggi 90-210 m. Lokasi Leuwi Tonjong berada di kawasan kampung Rentog, Ds. Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab, Garut, Jawa Barat. Regram foto dari @robyandikaputra,” tulis Instagram @jelajah_garut.

Karena keindahan tersebut, banyak yang mengatakan, Leuwi Tonjong mirip dengan objek wisata di Phuket, Thailand. Leuwi Tonjong merupakan aliran dari sungai Cihurip yang diapit dua tebing setinggi 90-210 meter.

Di salah satu sisi, terlihat tebing yang sebagian tertutup tanaman. Dari celah antara tebing terdapat air terjun kecil. Keberadaan dua tebing yang dibalut tanaman hijau ini yang membuat Leuwi Tonjong mempunyai pesona tersendiri.

Pemandangannya indah dengan suasana alam yang menyegarkan. Leuwi Tonjong juga memiliki kolam air alami dengan kedalaman yang relatif dangkal. Jadi, kamu bisa menikmati kesegaran airnya.

Selain spot cantik untuk berfoto, di Leuwi Tonjong juga bisa berenang bahkan bisa juga melakukan kegiatan aktivitas camping. Hijaunya tebing dan jernihnya air akan membuat betah wistawan. Di sana juga terdapat rakit yang bisa dimanfaatkan untuk mengarungi Sungai Cihurip.

Musim terbaik untuk mengujungi Leuwi Tonjong adalah saat kemarau, sehingga bisa menemukan air yang bening dan kehijauan. Soalnya, di musim hujan seperti ini, air cenderung berubah warna menjadi kecokelatan. Lokasi Leuwi Tonjong berada di kawasan Kampung Rentog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat./e