Bincang Kreatif “Nulis dari Rumah”

Bincang Kreatif “Nulis dari Rumah”

Live Streaming Youtube Kemenparekraf

Sebagai mederator Undhan Sevisari, membuka seminar bincang kreatif yang berlangsung secara live streaming di yuotube chanel Kemenparekraf, 10 juli 2020.

Dengan tema “Bagaimana penulisan karya sastra, terutama esai dan cerpan dan kegiatan menulis dari rumah serta bagaimana kegiatan tersebut berdampak pada penerbitan di tanah air”, bersama tiga nara sumber yang ahli dibidang sastra.

Diantaranya Plt. Direktur Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan, Mohammad Amin, Melani Budianta pakar sastra dan sekaligus dosen di Universitas Indonesia, serta Agus Noor yang merupakan sastrawan dari kota Jogjakarta.

Foto facebook.comParekrafRI

Mohammad Amin, yang juga merupakan penggagas program ‘Nulis dari Rumah’, ” dimana acara tersebut sesuai arahan presiden Indonesia” ucap beliau. Dalam anjuran pemerintah, bahwa untuk melakukan segala aktivitas dari rumah selama pandemi Covid-19. “ini adalah momentum yang tepat saat ini”, ucap beliau juga.

Program kreatif dari rumah itu ,seperti ngamen dari rumah, pameran dari rumah,pentas dari rumah, dan menulis dari rumah. Program nulis dari rumah ini, di luar ekspetasi beliau, mencapai 1076 karya tulis yang masuk, yang diperkiraan sekitar 500-600 peserta, ini menunjukan bahwa minat dan antusias yang tinggi dari masyarakat yang merespon baik kegiatan ini. Dari karya tersebut, nantinya diharapkan bisa dimonetisasi sehingga bisa membantu sektor penerbitan.

Dalam pembicaraan selanjutnya, yang disampaikan oleh Melani Budianta, menurut pandangan beliau, Esai adalah sebuah paparan tentang gagasan, pemikiran, kritis, dan pengamatan, yang di tulis dalam penalaran yang runut, komunikatif berdasarkan informasi yang ada, pengamatan atau berdasarkan rekontruksi pengetahuan oleh penulisnya, serta berdasarkan data yang ada, dan pengamatan yang dilakukan.

Sedangkan cerpen adalah karya rekaan berdasarkan imajinasi dan kemampuan untuk mengolah imajinasi itu menjadi suatu produk yang komunikatif serta indah untuk dinikmati pembacannya.

 [LIVE] Bincang Kreatif - Nulis Dari Rumah - YouTube

Bincang Kreatif – Nulis Dari Rumah – YouTube

Agus Noor, selaku sastrawan dari Jogjakarta menambahkan, bahwa kekuatan utama sebuah Esai adalah kekuatan personalisasi dari sebuah gagasan dan pikiran itu, jadi kita akan benar-benar mendengar secara intim dari si penulis itu. Untuk hasil sebuah tulisan esai, antara penulis yang satu dengan yang lain memiliki gaya dan kekuatan yang berbeda.

Sedangkan sebuah karya tulis berupa cerpen, adalah karya tulis yang bisa membuat pembaca ikut terbawa emosi dan merasakan seolah-olah dari tulisan itu kita yang sedang mengalaminya. Agus menambahkan, prinsip ide sebuah tulisan adalah bukan mencarinya melaikan kita membuat ide itu! Mohammad Amin menambahkan, Ideologi yang kuat akan menghasilkan tulisan yang bagus.

Simak ulasan lengkapnya bisa sobat tonton di yuotube chanel kemenparekraf!

Sobat pariwisata yang selalu setia! Biasakan membaca, menulis, membaca, menulis terus saja dilakukan jangan sampai bosan, jika sobat juga ingin menjadi seorang penulis!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )