Intip Baju Adat dari Sulawesi Barat

Pakain adat Toraja,Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Berat(SulBar) selain memilki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, sobat pariwisata juga harus tahu tentang kebudayaan yang ada di provinsi ini lho! Salah satu nya adalah berupa pakaian/baju adatnya yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Berikut ini redaksi merangkum 5 baju adat yang ada di provinsi Sulbar, apa aja sih? Yuk, simak ulasanya:

Pakaian Adat Laki-laki Toraja
Pakaian Adat Laki-laki Toraja, foto: rakyatsatu.com

1. Pakaian Adat Laki-laki Toraja

Sobat Pariwisata! Sedikit mengulas tentang pakaian adat tradisional dari daerah Sulawesi Barat yang bernama pakaian adat Toraja. Pakaian tradisional ini merupakan pakaian yang panjangnya sampai lutut. Namanya Sepa Tallung Buku yaitu pakaian adat Toraja yang digunakan oleh laki-laki.

Sebagai wujud pelesatrian, Pegawai Negeri Sipil(PNS) pria diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat Seppa Tallung Buku setiap hari Sabtu lhoo! Pakaian tersebut dilengkapi dengan aksesoris lainnya seperti kandaure, gayang, lipa’, dan lain-lainnya.

Pakaian adat Wanita Toraja
Pakaian adat Wanita Toraja, foto: kompasiana.com

2. Baju Adat Wanita Toraja

Nah, baju adat Toraja yang satu ini adalah baju lengan pendek dengan dominasi warna kuning, merah dan putih. Baju tradisional Sulawesi Barat ini bernama Pokko yang merupakan baju adat wanita yang sampai kini masyarakat Tana Toraja sendiri masih melestarikannya.

Salah satu bentuk pelestariannya adalah dengan cara mewajibkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Tana Toraja untuk menggunakan baju Pokko setiap hari Sabtu.

Proses Pembuatan Kain Tenun Toraja, Sulbar,
Proses Pembuatan Kain Tenun Toraja, Sulbar, foto: kemenkumham.go.id

3. Pakaian atau Sarung Kain Tenun Toraja

Sarung Kain Tenun Toraja sebagai pakaian adat Sulawesi Barat berbahan dasar kain tenun. Pakaian khas ini umumnya digunakan oleh para tetua adat untuk memimpin upacara Rambu Solo’ atau upacara kematian di Kecamatan Rantepao.

Pakain Adat Mandar,SulBar
Pakain Adat Mandar,SulBar, foto: rimbakita.com

4. Pakaian Adat Wanita Mandar

Pakaian adat tradisional Pattuqduq Towaine biasanya dikenakan wanita Mandar Sulawesi Barat pada saat upacara pernikahan. Selain itu, pakaian ini juga digunakan ketika sedang menarikan tarian tradisional Sulawesi Barat yang bernama Patuqdu.

Pakaian Adat Mandar,
Pakaian Adat Mandar,foto: gpswisataindonesia.info

5. Pakaian Adat Laki-Laki Mandar

Pakaian adat tradisional laki-laki Sulawesi Barat khas Suku Mandar terbilang begitu sederhana. Yang dikenakan pria adalah jas tertutup warna hitam yang berlengan panjang. Atasan ini dipadukan dengan celana panjang dan kain sarung yang dililitkan di pinggang sebagai bawahan.

Singkatnya, pakaian tradisional laki-laki Sulbar ini melambangkan bahwa laki-laki suku Mandar haruslah gesit dalam bekerja dan bersikap.

Dari ulasan diatas tentang baju adat di provinsi Sulawesi Barat, semoga sobat pariwisata tergerak untuk ikut serta dan berperan aktif menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.