Legenda Kuliner di Yogyakarta

Mangut Lele Mbah Marto, Pariwisata Indonesia

Bukan menjadi kabar burung jika Yogyakarta sudah terkenal di bidang pariwisata, terutama kulinernya yang melegenda. Langsung saja simak kuliner yang melegenda di Yogyakarta.

Baca Juga:  Nikmati Keseruan Sensasi Makan Gudeg Pawon

1. Gudeg Pawon

Membuka rumah makan di dalam dapur rumah, memang ide yang aneh, keterbatasan tempat tentu jadi alasan. Pastinya, bikin pelanggan nggak nyaman. Namun, inilah yang terjadi di Gudeg Pawon. Bukannya kehilangan pelanggan, gudeg ini dilalahnya, makin laris. Antrian pengunjung ramai hingga ke luar.

Pengunjung rela mengantri lama-lama, sampai berdesakan, cuma makan Nasi Gudeg Pawon yang lezat dan gurih ini. Terletak di Jalan Janturan, Umbulharjo. Lokasi Gudeg Pawon nggak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

2. Mangut Lele Mbah Marto

Jika biasanya ada mangut ikan pari, di Yogyakarta ada mangut ikan lele. Di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul ada warung makan yang sudah melegenda.

Dapur Asli Mangut Lele Mbah Marto, berada agak masuk ke dalam gang, warung ini tetap laris bahkan terkenal di kalangan para artis. Salah satunya, artis selegram Awkarin terciduk dalam jepretan postingan di instagramnya.

3. Sate Klatak Pak Pong

Sate kambing adalah sate yang hidangan favorit semua orang, meski kita tahu hidangan ini wajib dihindari bagi pengidap darah tinggi. Ratu endors yang akrab dipanggil dengan nama Awkarin kembali terciduk dalam jepretan di postingan instagram miliknya.

Di Yogyakarta ada kuliner yang menyajikan sate kambing dengan tusuk jeruji besi, penggunaan jeruji besi selain membuat daging matang merata, juga dipercaya mengurangi resiko darah tinggi pada orang yang memakannya. Meski begitu jangan berlebihan ya, Sobat Pariwisata.