Pariwisata Indonesia Menawan Perhatian Dunia

Pulau Padar. Sumber Foto : padarnews.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

United Nation World Tourism Organization (UNWTO) menyatakan, kebijakan itu menjadikan Indonesia negara ketujuh di dunia, sekaligus negara keempat di Asia-Pasifik, dan bahkan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memberikan kemudahan visa bagi kunjungan wisatawan mancanegara ya Gaaees..

Kami kutip dari laman indonesia.go.id, sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dilantik, industri pariwisata mendapatkan perhatian khusus. Melalui Nawa Cita, sektor pariwisata ditetapkan menjadi salah satu sektor prioritas pembangunan nasional.

Sektor ini diharapkan bisa jadi leading sector dan sekaligus mampu menggerakkan sektor industri lainnya Gaaees!

Presiden Jokowi sendiri telah memberikan arahan untuk memajukan 10 destinasi wisata nasional. Sering disebut sebagai “10 Bali Baru Indonesia”.

10 Bali Baru Indonesia. Sumber Foto: Pesona Indonesia

Selain gencar mendorong deregulasi untuk mempermudah investasi dan proses izin usaha, pemerintahpun gencar membangun infrastruktur di sana-sini. Baik untuk memperbaiki kualitas infrastruktur di lokasi destinasi wisata maupun koneksitas antarkawasan di Indonesia.

Juga tak kalah pentingnya ialah mengimplementasikan kebijakan Kawasan Ekonomi Khusus di sektor pariwisata. Empat daerah telah ditetapkan pemerintah sebagai KEK Pariwisata, yakni KEK Mandalika, KEK Morotai, KEK Tanjung Lesung, dan KEK Tanjung Kelayang.

Mengambil slogan “Wonderful Indonesia”, sektor ini juga dipacu dengan branding yang piawai. Pemerintah sengaja menghelat beberapa even bergengsi di tingkat dunia sebagai langkah strategis.

Tak hendak bekerja setengah hati. Di tahun ini Indonesia bahkan juga bermaksud mengambil posisi fasilitator pada event kejuaraan balap motor paling bergengsi sedunia. Even MotoGP Tahun 2021. Mengambil model sirkuit jalanan, pembangunan sirkuit berlokasi di KEK Pariwisata Mandalika sudah dimulai sejak Oktober 2019, agar semakin menawan perhatian dunia.