Mandi Safar di Gorontalo Dipercaya sebagai Ritual Tolak Bala

PariwisataIndonesia.ID – Mandi Safar merupakan ritual yang lazim dilakukan warga Gorontalo sejak puluhan tahun lalu. Tradisi ini merupakan tradisi yang diturunkan kerajaan Atinggola di setiap awal bulan Safar, dalam penanggalan bulan Islam atau tahun Hijriyah.

Menurut Indra, ritual satu tahun sekali itu selalu dinanti masyarakat lokal maupun dari luar daerah untuk menyaksikannya. Bahkan mereka bisa ikut mandi bersama di sungai maupun pantai.

Doa untuk meminta pertolongan Tuhan dalam artian agar seluruh bencana, baik yang menimpa tumbuh-tumbuhan, menyerang hewan, manusia, tidak akan terjadi.

Tahun ini, pelaksanaannya menyesuaikan kondisi di masa pandemi Covid-19, namun tetap dipusatkan di Sungai Andagile, Desa Buata, Kecamatan Atinggola.

Di tengah lesunya kunjungan pariwisata, ritual mandi Safar yang tetap dipertahankan ini, kata Indra, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

“Di tengah lesunya kunjungan pariwisata, ritual mandi Safar yang tetap dipertahankan ini diharapkan dapat mampu menarik kunjungan Wisatawan ke daerah itu,” kata Indra, Jumat, 8 Oktober 2021.

Bagi masyarakat setempat, tradisi mandi Safar itu dilakukan untuk menolak bencana atau tolak bala. Sebelum ritual mandi digelar, masyarakat dipimpin imam dan dihadiri tokoh adat, pejabat pemerintah melakukan doa bersama.

Tahun ini, pelaksanaannya menyesuaikan kondisi di masa pandemi Covid-19, namun tetap dipusatkan di Sungai Andagile, Desa Buata, Kecamatan Atinggola.

Demi mendukung wisata budaya mandi Safar, pemerintah daerah terus meningkatkan infrastruktur, seperti pembangunan jalan ke lokasi wisata di sepanjang Desa Buata dan Posono serta membangun tanggul pengaman di sepanjang Sungai Andagile. “Harapannya agar setiap orang yang datang berkunjung merasa aman, nyaman dan menikmati pesona wisata di sepanjang Sungai Andagile,” kata Indra.

Pemerintah kecamatan, kata Osna, berinovasi menjawab keinginan masyarakat agar budaya tersebut dapat lestari di tengah upaya meningkatkan promosi wisata bahari yang diperjuangkan pemerintah desa di sepanjang wilayah pesisir itu, sebab di sepanjang pesisir pantai pasir putih itu cukup indah.

× Hubungi kami