Tim Renang DKI Sabet 3 Mendali Emas, 1 Perak & 2 Perunggu di PON Papua, Dihadiri Anies: Mereka Bawa Kebanggaan

PARIWISATAINDONESIA.ID – Tim renang DKI Jakarta memborong medali pada final hari ketiga cabang olahraga renang yang digelar di Kolam Renang Akuatik Kampung Harapan, Jayapura, Senin (11/10) malam pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Tim renang PON DKI berhasil menyabet tiga medali emas, satu perak, dan dua perunggu.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang hadir pada acara tersebut mengaku sangat bangga saat melihat para perenang yang berhasil menyumbangkan medali.

Usai menyerahkan medali, Anies memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para perenang. Menurutnya, apa yang dihasilkan oleh para perenang tersebut adalah contoh dari para pekerja keras yang sangat mencintai apa yang dikerjakannya.

“Mereka ini [Atlet] adalah contoh bagi anak muda di Jakarta. Disiplin dan kerja tuntas hingga membawa kebanggaan tak hanya bagi dirinya sendiri, keluarga, hingga nusa bangsa,” kata Anies melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/10/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengakui sangat bangga dengan capaian dari tim renang DKI. Dia menyebut bahwa apa yang diraih tersebut tidak hanya didapat dalam waktu singkat.

“Di balik medali ini, ada kerja keras yang luar biasa. Kemampuan untuk melawan rasa malas dan latihan tanpa henti selama bertahun-tahun,” tuturnya.

Hal itu dibuktikan oleh Joe Aditya. Peraih medali emas ini mengakui kalau dia sudah latihan renang dari umur lima tahun. “Dari kecil sudah latihan, Pak. Sampai sekarang,” ujarnya saat menjawab pertanyaan Anies.

Hasil tersebut membuat DKI Jakarta masih berada di tiga besar peraih medali terbanyak pada PON XX di Papua kali ini. Lima hari sebelum penutupan, Anies berpesan kepada para atlet yang masih akan bertanding untuk bekerja semakin keras.

“Bagi para atlet yang masih bertanding, mari lakukan hal yang paling terbaik,” pintanya.

Pertandingan, lanjut Anies, tidak hanya diukur dari capaian medali saja. Namun yang paling penting adalah sportivitas selama pertandingan.

“Mari menjunjung tinggi fair play. lakukan yang terbaik demi kemajuan bangsa,” harapnya.

Peraihan medali emas di cabor renang yang diraih oleh Joe Aditya pada kelas 200 m gaya bebas putra dengan catatan waktu 1.51.39, lalu I Gede Siman Sudartawa di kelas 100 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 56.18 detik. Sedangkan Gagarin Nataniel Yus di kelas 100 meter gaya dada putra dengan hasil terbaik pada 1.02.49.

Kemudian medali perak diraih oleh Angel Gabriella Yus di kelas 200 meter gaya bebas putri serta dua medali perunggu yang dipersembahkan oleh Anak Agung Istri Kania Ratih di kelas 100 meter gaya punggung putri. Lalu Dwiki Anugrah di kelas 100 m gaya punggung putra. (Beben)