3 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Pulau Kumala

Sebagai daerah dengan sistem pemerintahan tertua di Indonesia, Kalimantan Timur yang dulunya berdiri Kerajaan Kutai Kertanegara, memiliki beragam destinasi wisata yang megah dan menawan. Sobat Pariwisata! Tunggu apalagi, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini!

Masjid, Islamic Center Samarinda
Masjid, Islamic Center Samarinda, foto: deny project

1. Islamic Center Samarinda

Dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada 16 Juli 2008, Masjid Islamic Center Samarinda menjadi masjid termegah kedua se-Asia Tenggara. Masjid ini berdiri kokoh di tepian Sungai Mahakam, tepatnya di Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Tempat ini tepat sekali buat sobat untuk berwisata religi bersama teman, keluarga ataupun pasangan.

Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang, foto: ksmtour.com

2. Desa Budaya Pampang

Desa Pampang adalah desa yang dihuni oleh Suku Dayak Kenyah dan Suku Dayak Apokayan, dulunya kedua suku ini berada di Malinau dan Kutai Barat yang notabene berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Karena menolak bergabung dengan Malaysia, mereka akhirnya pindah ke Pampang pada tahun 1960.

Di Desa Pampang kamu akan menemukan kemurnian kebudayaan dayak yang tetap lestari, seperti telinga panjang, baju dayak, sampai rumah adat suku dayak. Dan setiap tahunnya Desa Pampang mengadakan acara pelas tahun sebagai acara ulang tahun Desa Pampang.

Pulau Kumala
Pulau Kumala, foto: tribunnewswiki.com

3. Pulau Kumala

Pulau seluas 76 hektare ini berada di Jl. KH Ahmad Muksin, Timbau, Kota Tenggarong. Memiliki bentuk unik yaitu mirip seperti perahu terbalik membuat Pulau Kumala terlihat anggun membelah sungai Mahakam.

Berjarak 27 km dari pusat Kota Samarinda, saat telah sampai di Timbau sobat bisa menyeberang menggunakan kapal motor atau jika ingin berjalan kaki, sobat cukup menggunakan Jembatan Repo-repo untuk bisa sampai ke Pulau Kumala ini.

Di Pulau Kumala sobat pariwisata bisa mengunjungi patung raksasa Lembuswana, Rumah Lamin, Pura Pasak, serta Sky Tower yang membuat sobat bisa melihat pemandangan Kota Tenggarong dan Sungai Mahakam nan indah dan memesona! (Bahrul)