3 Tempat Wisata Alam Terpopuler di Lampung yang Wajib Dikunjungi

Pariwisata Indonesia, Pulau Pahawang, Villa Andreas Resort Pulau Pahawang
Villa Andreas Resort Pulau Pahawang (Foto: Media PI)

PariwisataIndonesia.ID – Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di pulau Sumatra, Indonesia, dengan ibu kotanya berpusat di kota Bandar Lampung.

Wilayah ini memiliki banyak tempat wisata alam yang begitu indah, dan mengesankan, mulai dari air terjunnya, sungai-sungainya, teluk tersembunyinya, bukit bebatuannya, pulau-pulau kecilnya.

Termasuk pantai dan deretan gunung yang menjulang hingga taman nasionalnya yang membuat siapapun akun berecak kagum saat berlibur di Lampung ini.

Mencermati hal itu, berikut tiga rekomendasi tempat wisata alam yang terpopuler di Lampung layaknya oase kesegaran yang memberikan energi saat penat bekerja dan pilihan paling tepat melepas hiruk pikuk kota metropolitan, yang wajib buat dikunjungi.

1. Taman Nasional Way Kambas

Menyebut Taman Nasional Way Kambas (TNWK), kebanyakan orang akan mengingatnya sebagai tempat konservasi gajah sumatera. Nyatanya, tak sekedar rumah bagi si mamalia besar. Melainkan, masih banyak lagi lainnya yang menarik untuk jangan sampai dilewatkan setibanya di TNWK ini, selain sekedar bermain bersama Gajah, dan nonton atraksi gajah.

Dapat pula menyaksikan keanekaragaman fauna, seperti harimau Sumatra, badak sumatera, siamang, anjing hutan, dan tapir; hingga beragam unggas, antara lain bangau tong-tong, bangau sandang lawe, sempidan biru, pecuk ular, dan kuau.

Ditambah lagi, sensasi keseruan berikutnya ini, juga tak kalah istimewa, dan sudah mengemuka hingga ke penjuru dunia, yaitu melakukan petualangan dengan berkemah di alam liar Way Kambas sambil menyusuri Sungai Way Kanan.

2. Pulau Pahawang

Tempat wisata alam kedua yang terpopuler di Lampung, yaitu Pulau Pahawang, merupakan salah satu objek wisata bahari yang dipisahkan menjadi dua bagian, yakni Pulau Pahawang Besar, dan Pahawang Kecil.

Di pulau tersebut anda akan terpikat dengan pemandangan dan panorama alamnya yang begitu indah, dimulai dari Pasir Timbul yang muncul ketika laut surut. Di tempat ini, anda akan menemukan sensasi yang luar biasa berdiri di daratan pasir putihnya nan cantk dan lembut, hamparan birunya laut, juga memandang dari kejauhan hijaunya perbukitan.

Tidak hanya Pasir Timbul, banyak pula aktivitas wisata lainnya yang bisa dilakukan saat berlibur di Pulau Pahawang, mulai dari wisata hutan mangrove, memancing hingga diving, termasuk snorkeling sambil bermain bersama ikan nemo, atau liburan Island Hopping ke pulau-pulau terdekatnya.

Jangan lewatkan juga menginap di tempat romantis di Villa Andreas Resort Pulau Pahawang bersama kekasih tercinta yang mengemuka karena menyerupai Maldives dan Bora Bora.

3. Pulau Balak

Tempat wisata alam terpopuler di Lampung urutan paling buncit, yakni Pulau Balak. Di pulau ini, dijamin anda akan menemukan kedamaian, ketenangan dan pilihan yang paling tepat untuk menyepi, apalagi untuk menenangkan pikiran karena diliputi ‘stress’, depresi, gelisah dan panik ketika penat bekerja.

Buat mereka yang butuh “vitamin sea”, dan ingin melepas hiruk pikuk kota metropolitan, atau menjauhkan diri dari kebisingan dengan suasana yang berbeda. Maka, Pulau Balak jadi pilihan yang jangan untuk dilewatkan kesempatannya.

Saking sepinya pulau ini, serasa punya pulau pribadi. Selain snorkeling, dan menyelam. Rasakan pula, sensasi bermalam sambil mendirikan tenda di tepian pantai sekaligus menikmati hamparan pasir putihnya yang mengemuka di tempat ini. (Rizki/eh)