Great Walls di Lautan Indonesia, Emang Ada?

Pariwisata Indonesia di Bunaken Tawarkan Keindahan Surga Bawah Laut
Underwater Great Walls atau Hanging Walls adalah julukan yang diberikan untuk tembok karang raksasa yang ada di Taman Nasional Bunaken. (Sumber : reefbuilders.com)

Halo, Gaes!

Pasti lo udah enggak asing dengan nama The Great Walls atau Tembok Besar Cina. Tembok ini emang jadi salah satu ikon Negeri Tirai Bambu dan banyak dikunjungi para wisatawan.

Eits, tahu enggak, Gaes? Ternyata Pariwisata Indonesia juga punya Great Walls. Sama seperti yang ada di Cina, Great Walls milik Indonesia juga menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Bedanya, kalo Great Walls China ada di pegunungan, Great Walls Indonesia ada di dalam lautan.

Underwater Great Walls atau Hanging Walls adalah julukan yang diberikan untuk tembok karang raksasa yang ada di Taman Nasional Bunaken, salah satu destinasi Pariwisata Indonesia yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Bukan tanpa alasan julukan ini diberikan. Underwater Great Walls memang berbentuk seperti dinding vertikal dengan bagian atas yang melengkung.

Underwater Great Walls terdiri dan beragam terumbu karang warna-warni, baik yang keras maupun yang lunak. Keindahannya jarang ditemukan di belahan bumi yang lain dan membuat banyak wisatawan mengunjungi Taman Laut Bunaken. Tembok terumbu karang ini menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan yang tinggal di sekitarnya.

Taman Nasional Bunaken jadi salah satu tujuan favorit para divers dan snorkeler. Karena selain bisa menikmati keindahan Underwater Great Walls, lo juga bisa bertemu dengan nemo, ikan barakuda, ikan paru elang, penyu hijau, bahkan lumba-lumba. Taman laut yang memiliki kedalaman hingga 1.344 meter ini emang menjadi rumah bagi lebih dari 300 jenis terumbu karang dan 3.000 spesies yang terdiri dari ikan, moluska, reptil, hingga mamalia laut.

Enggak cuma wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Taman Nasional Bunaken untuk melihat spesies laut yang unik dan langka, Gaes! Para peneliti biota laut kerap menjadikan taman nasional ini sebagai laboratorium hidup mereka karena merupakan salah satu kawasan dengan kekayaan biota laut tertinggi di dunia.

Taman Nasional Bunaken memiliki luas sekitar 89.000 hektar, dengan 97% wilayah laut dan 3% daratan yeng terdiri dari Pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen, dan Siladen. Terdapat 20 spot selam di taman nasional ini. Dua belas di antaranya berada di dekat Pulau Bunaken dan menjadi spot favorit para wisatawan.

Selain pemandangan bawah laut yang keren banget, air di sini juga jernih kebiruan, sampai-sampai lo bisa ngeliat terumbu karang dan ikan-ikan kecil dari atas perahu. Jadi buat yang enggak mau nyemplung, lo masih bisa melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan hanya dengan duduk manis di perahu. Kalo beruntung, lo juga bisa melihat lumba-lumba yang muncul di permukaan.

Yuk simak keindahan Wall Dive Bunaken melalui Channel EDWINROSADI berikut ini :

Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut pertama di Indonesia dan resmi didirikan pada tahun 1991. Letaknya berada di Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karan, istilah geografis yang diberikan untuk perairan di kawasan laut bagian barat Samudera Pasifik.

Fyi, nama Segitiga Terumbu Karang diberikan karena lokasi yang ditentukan memang hampir berbentuk seperti segitiga. Segitiga Terumbu Karang mencakup wilayah enam negara, yaitu Indonesia, Papua Nugini, Malaysia, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Sekitar 76% spesies terumbu karang dunia bisa ditemukan di kawasan ini.

Perjalanan menuju Taman Nasional Bunaken bisa lo mulai dengan menumpang kendaraan umum dari Bandara Sam Ratulangi menuju Pelabuhan Manado yang berjarak sekitar 15 kilometer. Kemudian, lo bisa melanjutkan penyeberangan laut dengan menaiki kapal kecil atau speedboat dari. Lo akan tiba di Pulau Bunaken dalam waktu 45-60 menit.

Jika waktu satu hari dirasa kurang cukup untuk mengeksplore seluruh Taman Nasional Bunaken, lo bisa menginap di penginapan atau homestay yang ada di Pulau Bunaken. Lo bisa memilih penginapan sesuai budget dan kebutuhan dengan rate harga mulai dari 200.000 rupiah.

Gimana, Gaes? Seru banget kan mengunjungi Taman Nasional Bunaken? Kalo lo penasaran dengan destinasi Pariwisata Indonesia yang satu ini, buruan jadwalin liburan lo ke sini dan nikmati serunya petualangan di Underwater Great Walls!

Pewarta:  Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022