Wisata Ke Kandang Kambing? Anak Kandang Farm Pelakunya!

Foto: rmoljatim.id

Liburan melepas penat dan suntuk akibat pandemi tentu yang kita harapkan adalah liburan ke tempat rekreasi yang meyenangkan seperti water boom, museum ataupun kebun binatang. Tapi, apa jadinya jika liburan kita diajak untuk mengunjungi kandang kambing.

Ini benar-benar terjadi di Sidoarjo. Anak Kandang Farm, sebuah kandang kambing yang ada di kompleks Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), Jalan Pulungan, Sedati, Sidoarjo. Objek wisata yang dibangun atas sinergi antara Prajurit TNI dengan masyarakat setempat.

Dikarenakan adanya PSBB Jawa-Bali, objek wisata yang diresmikan pada tanggal 17 Januari 2021 lalu cenderung menyasar wisatawan keluarga dengan fokus wisatawan lokal Sidoarjo.

Baca Juga: Mengenal  Museum Mpu Tantular Sidoarjo

Anak Kandang Farm dibangun bukan hanya sebagai objek wisata untuk umum saja, namun juga sebagai fasilitas yang mendukung kesejahteraan rakyat setempat. Meski Anak Kandang Farm dimiliki dan dikelola oleh prajurit TNI, Masyarakat setempat boleh ikut beternak di sini.

Foto: beritasatu.com

Masyarakat tidak harus memiliki lahan dan ilmu maupun beli saham untuk ikut beternak di Anak Kandang. Masyarakat hanya perlu menitipkan ternaknya dan kemudian akan dibimbing tentang bagaimana cara menjadi peternak yang baik.

Melansir dari Viva, “Karena dua tahun tiga kali kambing ini melahirkan kambing sehingga siklus ini menjadi peluang untuk kita kembangkan. Prajurit di masa dinasnya kita bekali dengan pengalaman dan pengetahuan. Ini dari prajurit untuk prajurit, diharapkan nantinya bisa berkontribusi dalam Jatim maupun nasional,” tandas Edwin.

Baca Juga: Santuy Bareng di Angkringan Omah Oeti Sidoarjo

Lokasi Anak Kandang Farm dikelilingi sawah-sawah. Dengan begitu, wisata edukasi itu juga tidak hanya menyuguhkan teknik-teknik beternak kepada pengunjung, tapi juga bertani.

“Lahan sawah yang dikemas untuk para generasi muda bisa memahami proses bagaimana saat dimulainya menanam hingga panen sampai prosesnya menjadi beras,” ujar Edwin.

Foto: surabaya.tribunnews.com

Anak Kandang Farm dibuka untuk umum. Sasaran pengunjung tidak hanya anak-anak, tapi juga dewasa. Diharapkan, destinasi wisata itu bisa menjadi wahana edukatif kepada masyarakat.

“Insya Allah juga kita membuka kursus peternak kambing untuk umum selain prajurit kita. Ada sarana prasarana bisa kita optimalkan untuk kepentingan bersama,” ucap Edwin.