Beragam Taman Unik di Bandung

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Bandung memiliki banyak taman wisata yang unik dan beragam. Waktu santai yang sesaat dapat dimanfaat untuk mengunjungi dan menikmati keindahan taman-taman ini. Berikut ini beberapa taman unik di Bandung, yang bisa jadi referensi traveler untuk bersantai di aneka taman di Bandung!

Taman Balai Kota

Taman Balaikota terletak di dalam kompleks Balaikota, di pusat kota Bandung. Penataan tata taman yang sangat menarik, membuat warga kota Bandung selalu meramaikan taman ini. Yah, sejak diresmikan pada tanggal 19 Desember 2017 yang lalu, banyak aktifitas yang dilakukan di taman ini. Banyak fasilitas keseruan lainnya tersaji disini.

Mulai dari adanya Taman Labirin yang menjadi wahana paling menarik yang terdapat di dalam Taman Balai Kota Bandung ini. Ada empat jalur masuk yang berbeda penjuru dengan rerumputan yang ditanam menjulang tinggi guna menghalangi pandangan orang dewasa. Hal ini yang menjadi daya tarik Taman Labirin, karena pengunjung harus berusaha mencari jalan keluar menuju pintu lain. Ketika menyusuri arena ini, yang terlihat hanyalah dinding hingga mencapai pintu keluar lainnya.

Arena alat olahraga kebugaran pun juga ada. Begitu pula jalan-jalan untuk tracking.  Banyak pohon-pohon yang menjulang tinggi hidup disini, sehingga, meskipun Taman Balaikota terletak di tengah kota, rimbunnya pepohonan di sekitar menjadikan udaranya selalu asri dan bersih. Fasilitas yang tersedia di taman ini sudah cukup lengkap layaknya taman kota, seperti tersedianya toilet khusus wanita dan pria. Bahkan ada fasilitas kesehatan, yaitu berupa puskesmas kecil yang terletak di dekat pintu masuk taman.

Dilengkapi juga dengan arena alat olahraga kebugaran untuk bisa dinikmati pengunjung sesuka hati. Terdapat juga musala dengan bangunan berwarna hijau yang ada di salah satu sudut taman.

Juga fasilitas permainan lainnya tersedia di Taman Balaikota ini.

Alamat : Jl. Wastukencana No.2 Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Taman Film Bandung

Taman Film merupakan salah satu taman tematik dan ruang terbuka publik di Kota Bandung yang tak pernah sepi dari pengunjung. Lokasinya cukup unik, yaitu pas dibawah jalan layang Pasupati, tepatnya daerah Taman Sari kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Banyak keasyikan seru yang kamu dapati disini. Seperti nonton film gratis, bahkan nonton bareng pertandingan sepakbola, juga digelar disini.

Resmi dibuka untuk umum setelah direnovasi terlebih dahulu, pada tanggal 14 September 2014, Taman film ini merupakan salah satu taman tematik yang memiliki konsep bioskop terbuka modern, yang berfungsi sebagai tempat atau sarana menonton film gratis bagi masyarakat. Namun gak hanya itu, tempat ini juga sering digunakan untuk menyelenggarakan berbagai acara, serta dijadikan tempat berkumpul warga Bandung.

Taman yang memiliki luas kurang lebih 1.100 meter persegi ini, juga menyediakan tempat duduk penonton berkapasitas 250 orang dengan konsep tempat duduk yang unik. Dibuat seperti sengkedan petakan sawah berundak, yang dilapisi dengan rumput sintetis. Sehingga aman untuk anak-anak yang bermain dan nyaman bagi pengunjung lainnya. Selain itu, taman ini juga dilengkapi fasilitas lainnya, seperti toilet, perpustakaan, dan mushala.

Disini suasananya sangat menyenangkan, udara yang sejuk ditambah angin yang berhembus menjadikan taman ini sebagai rekomendasi tempat untuk menghabiskan waktu di saat senggang. Seru juga lho, sambil menikmati sejuknya udara serta hembusan angin yang menerpa wajah, streaming lagu-lagu favorit, melepaskan kepenatan dari rutinitas hari-hari. Jangan lupa pakai XL atau Axis yang jaringan internetnya stabil, agar streamingnya lancar. Click disini untuk memastikan jaringan daerahmu  sudah terjangkau XL Axiata 4.5G.

Alamat: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Taman Musik Centrum

Seperti namanya, taman ini memang menjadi taman tematik yang dikhususkan untuk segala hal yang berkaitan dengan musik. Gak heran, di taman ini sering diadakan banyak pertunjukan musik yang bisa dinikmati di bawah rimbunnya pepohonan.

Bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan sambil menikmati keunikan wisata Bandung seperti di Taman Musik Centrum ini, dapat mengendorkan urat-urat syaraf yang awalnya tegang.  Resmi didirikan pada tanggal 1 Maret 2014 lalu, taman yang sebelumnya dikenal dengan Taman Centrum, atau Taman Pengkolan.

Pada acara peresmian juga mengagendakan perkenalan gitar raksasa yang tergurat sebelas nama korban meninggal dalam kejadian konser band metal disamping di gedung AACC, Bandung tahun 2008. Taman Musik Centrum merupakan salah satu perwujudan program revitalisasi 600 taman atau ruang terbuka di kota Bandung garapan Ridwan Kamil.

Alamat : Jalan Belitung, Sumurbandung, Bandung

Taman Super Hero

Dulu namanya Taman Anggrek yang kondisinya kurang asyik untuk dijadikan tempat berkumpul. Sekarang, dengan adanya dana pembangunan dari APBD, Taman Anggrek telah disulap menjadi Taman Superhero dan menjadi tempat seru buat kumpul-kumpul. Taman rekreasi ini memiliki banyak figura superhero, termasuk superhero Indonesia, yaitu Gatotkaca dan Gundala, serta superhero lainnya seperti Spiderman, Batman, Superman dan lainnya.

Tidak saja anak-anak yang berfoto bersama patung-patung raksana ini, bahkan banyak juga kalangan dewasa unjuk aksi berselfi ria bersama superhero kebanggannya. Selain itu, suasana sekitarnya sangat asri. Dengan pepohonan yang sangat rimbun, melingkupi lingkungan taman sehingga tempat ini cocok untuk dijadikan tempat istirahat melepas penat sesaat.

Ukuran Taman Super Hero ini memang kurang begitu luas. Namun, rindangnya pepohonan membuat warga betah berlama-lama untuk beraktivitas di sini. Selain itu juga, warga yang datang ke taman ini bisa menikmati asyiknya sensasi main voli pantai. Dan untuk menarik minat warga serta anak-anak untuk bermain di taman ini, telah disediakan juga sebuah perpustakaan.

Alamat : Cihapi, Bandung Wetan, Bandung Jawa Barat.

Taman Tegalega

Taman Tegalega Bandung menjadi salah satu wisata yang ngetrend dan favorit di Bandung. Terletak di kompleks Tegalega, tepatnya di jalan Otto Iskandar Dinata No.592, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Tegalega dalam bahasa Indonesia artinya lapangan yang luas. Taman seluas 17 hektar ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik bagi banyak wisatawan.

Bertaburkan hiasan lampu-lampu lampion dengan berbagai bentuk serta replika dinosaurus yang menyala di malam hari, menyodot daya tarik wisatawan untuk datang ke Taman Tegalega ini. Yah, selain terdapat monumen Bandung Lautan Api, tahun ini juga terdapat Lampion Park yang berada persis di depannya. Setelah dibuka sejak dua minggu sebelum lebaran 2019 lalu, Lampion Park mulai dikenal oleh masyarakat luas, tak terkecuali pendatang dari luar kota.

Setiap hari Senin, Taman Tegalega tutup. Namun diluar itu selalu buka, mulai dari jam 08.00-21.00 WIB. Sementara lampu di Lampion Park sendiri mulai dinyalakan saat pukul 18.00 WIB. Terdapat sekitar 20 replika dinosaurus yang akan menyala indah ketika malam tiba. Di bagian kiri kanan replika dinosaurus, terdapat banyak tempat duduk yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang.

Hanya dengan membayar karcis Rp 1.000, para pengunjung dapat menikmati seluruh area di Taman Tegalega ini. Jangan lupa, selalu minta karcis ketika membeli tiket masuk yang akan diberikan dari para penjaga. Hal itu untuk mengantisipasi preman-preman yang terkadang menjadi penjaga gerbang ilegal.

Alamat : Ciateul, Jl.ottista, tegallega, Kec. Regol, Kota Bandung. #JaringanInternetStabil #Fiberisas (Nil)