Bukan di Korea dan Jepang!

Pariwisata Indonesia

Melihat foto turis di terowongan pohon ginko di Korea ataupun terowongan pohon bambu di Jepang, memang bikin mupeng ya, Sobat Pariwisata. Tapi, jarak dan ongkosnya lumayan mahal. Ada nggak ya, lokasi-lokasi mirip gitu di Indonesia? Jawabannya, ada, dong! Lokasinya ada di Provinsi Lampung.

Terowongan Pohon Kebun Karet Trikora, Lampung. Demikian nama kawasan yang unik dan tidak kalah instagramable dengan dua kawasan di luar negeri tadi. Lokasi ini berada 20 km dari Kota Bandar Lampung, tepatnya di Perkebunan Karet Trikora, Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Meskipun cukup jauh dari pusat kota, tapi akses menuju kawasan ini cukup baik. Jalan yang mulus akan membuat perjalanan lancar.

Pariwisata Indonesia

Area yang merupakan milik dari PT.Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7) ini, buka selama 24 jam. Masyarakat sering datang ke sini saat menjelang sore. Namun, tidak disarankan mendatanginya saat malam, karena fasilitas penerangan di tempat ini belum ada. Hii, serem.

Keunikan kawasan ini adalah dahan-dahan karet di sisi kiri dan kanan jalan yang saling berpagut di bagian atas dan membentuk terowongan panjang. Jalanan pun menjadi teduh dan nyaman, bahkan jika hanya sekedar untuk jalan-jalan menyusuri terowongan. Rumput-rumput hijau yang ada di sekitar bawah, membuat pemandangan semakin mempesona.

Pariwisata Indonesia

Dulu, kawasan ini masih sepi dan sering terjadi pembegalan, loh. Namun, ketika mulai terkenal, kawasan ini pelan-pelan mulai ramai dikunjungi masyarakat. Semua ingin ikut mengabadikan foto di terowongan yang eksotis ini, mulai dari pecinta fotografi, calon pengantin yang ingin foto prewedding, hingga para pecinta selfie. Cekrek!

Selain hunting foto dan berjalan-jalan santai, Sobat Pariwisata juga bisa belajar hal baru dari kegiatan penyadapan dan pembekuan karet di kawasan ini. Terkadang juga ada penggembala atau pencari rumput yang berkeliaran di sekitar lokasi.

Pariwisata Indonesia

Untuk memasuki kawasan ini, Sobat Pariwisata tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup sediakan kamera dan berpakaian se-stylish mungkin. Siapa tahu, fotomu bisa booming!

Yang lagi cari spot foto eksotis di kawasan Lampung, segera datangi Terowongan Pohon Kebun Karet Trikora ini!(RPI/Nita)