Bukan Hanya Danau Toba, Berikut 3 Tempat Wisata Menarik di Sumut dan Nomor Tiganya Ada Foto King Kong

Pariwisata Indonesia, Pulau Mursala
Tangkapan foto udara untuk menggambarkan air terjun Pulau Mursala yang pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film berjudul "King Kong" garapan sineas internasional, Peter Jackson pada tahun 2005 silam. (Foto: Media PI/Shutterstock)

PariwisataIndonesia.ID – Saat berkunjung ke Provinsi Sumatra Utara (Sumut), salah satu yang menjadi tujuan tempat terfavoritnya, banyak yang menyebut-nyebut Danau Toba.

Sobat Pariwisata, jawaban itu benar dan tak terbantahkan. Tempat wisata satu ini memang mengemuka bukan hanya di Tanah Air, bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Tak salah pula, bila Danau Toba masuk sebagai satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan Pemerintah.

Sebab, Danau Toba memiliki potensi keindahan alam serta keunikan tradisi budaya yang tak kalah menariknya dengan kota-kota lain di negeri ini.

Menyoroti, pesona Danau Toba memesona dan memikat siapapun, tak ayal Danau Toba juga disebut ikon Pariwisata Indonesia.

Meski begitu, benarkah hanya Danau Toba sebagai tempat satu-satunya yang paling terfavorit di Provinsi Sumut?

Menjawab hal tersebut, berikut tiga tempat wisata antimainstrem yang wajib buat dikunjungi yang dirangkum media online Pariwisata Indonesia (PI), penasaran?

1. Ekowisata Tangkahan

Tempat wisata satu ini menarik banyak perhatian, yakni Taman Nasional Gunung Leuser.

Sekelumit potret “ekowisata Tangkahan” dapat dilihat melalui video klip lagu Adu Rayu milik penyanyi Tulus dan mendiang Glenn Fredly.

Sebab, selain menyuguhkan pemandangan indah dengan suasananya yang begitu sejuk dan asri. Di sisi lain, daya tarik utama tempat wisata ini, juga terletak pada ekowisatanya yang mampu menghadirkan sensasi tersendiri.

Sobat Pariwisata, ekowisata Tangkahan lokasinya berada di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumut. Saking mahsyurnya, kawasan ini pun mendapat julukan “The Hidden Paradise of Sumatera Utara”.

Tertarik bermain bersama gajah-gajah, dan memandikan di habitat aslinya, wow banget bukan?

2. Berastagi

Kawasan wisata di Kota Berastagi terkenal akan panoramanya tak hanya menakjubkan, tapi benar-benar luar biasa. Karena itu, sayang sekali untuk dilewatkan saat berada di Sumut.

Selain menghadirkan segudang tempat wisata mengesankan dan sudah sangat populer sejak dahulu kala.

Di antaranya, seperti: Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk, Danau Lau Kawar, Funland Mikie Holiday, Taman Alam Lumbini, Bukit Kubu, Air Terjun Dua Warna, Desa Lingga, Kebun Raya Tongkoh, Penatapan Berastagi, Museum Pusaka Karo, Bukit Gundaling dan masih banyak lagi lainnya, loh!

Salah satunya yang juga paling terkenal, yaitu Air Terjun Sikulikap yang terletak di tengah hutan cemara, dan air terjun ini masih jadi bagian dari aliran air di ekosistem Gunung Leuser.

Tetapi ini bukan soal tempat wisatanya, melainkan “buah tangan” yang wajib dibawa pulang selepas berkunjung ke Sumut.

Sebab, “namanya” telah melekat di hati masyarakat Indonesia. Saat menginjakkan kaki ke tempat-tempat wisata tadi, jangan lupa membeli jeruk Berastagi alias “Jeruk Medan”.

Bersambung ke halaman berikutnya
3. Pulau Mursala

× Hubungi kami