Lumut Tebal Menyelimuti Bukit, Sungguh Eksotik!

Gunong Lumut Limbongan, Pariwisata Indonesia

Pembaca setia www.pariwisataindonesia.id budiman yang baik hati, tidak sombong, sungguh luar biasa, dan terima kasih tetap selalu bersama. Wisata disini sungguh istimewa. Lumut tebal menyelimuti bukit, dan ini sungguh eksotik!

Gunong Lumut begitu biasa orang-orang Belitong menyebutnya, tetapi gunung ini bukan gunung yang biasanya kita jumpai seperti Merapi, Merbabu, ataupun Kerinci. Gunung ini lebih cocok disebutnya bukit.

Tampak keceriaan dalam unggahan foto netizen fera_journey di posting ke medsos di instagram saat wisata ke Gunong Lumut.

https://www.instagram.com/p/BSqZosel-xE/

Gunong Limbong sendiri berada di Desa Limbongan Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Dan akses menuju ke Gunong Lumut, Masya Allah!

Jalan menuju lokasi, penuh petualangan seru. Trekking menuju puncak gunung dimulai dari jalan desa, napak tilas. Barulah masuk ke hutan menuju puncak gunung. Saat adventure dari hutan menuju puncak, bukan main. Namun redaksi mengulasnya, indah-indah saja. Intinya, sampai ke puncak dan cerita Gunong Lumut pun berakhir. Mantap!

Nggak semua gunung dengan kondisi seperti disini. Keistimewaan Gunong Lumut ada di keberagaman biotanya. Objek wisata ini masuk ke dalam Geo Site Pulau Belitong. Ketebalan lumut 3-5 cm, menutupi seluruh bagian permukaan bukit.

Senyum pepsodent, cring! Terlihat senyuman luber dalam postingan di instagram@viantiara_, berlibur ke Gunong Lumut, yuk!

https://www.instagram.com/p/CBzr8WTgTAP/

Gunong Lumut cocok untuk wisatawan yang suka olahraga tantangan. Hobby adventure? Disini pas dan silakan menikmati, surganya buat pecinta olahraga hiking dan tracking.

Dari kaki bukit kita disambut hamparan lumut hijau menyejukan mata. Sesampainya di puncak, kita kembali disuguhi pemandangan alam memesona dan sangat indah. Bentang alam Pulau Belitong bisa kita nikmati secara bebas dari atas bukit. Keren!

Di Gunong Lumut ini nuansanya perawan ting ting, alami dan asri. Belum banyak terjamah. Keberadaan hutan disini makin menciptakan kesan kealamian tersendiri. Hutan di kawasan Gunong Lumut luasnya 18 hektar. Dari luas 18 hektar tersebut, 3 hektar diantaranya merupakan kawasan lumut.

Untuk nikmati segala sajian panorama alam indah memesona dan eksotik dari puncak gunung lumut, ada sebuah gardu pandang. Ada anjungan yang bikin wisatawan makin leluasa nikmati pemandangan.

Selain itu, disini juga ada beberapa spot-spot foto menarik untuk dikunjungi. Diantaranya, susunan batu yang membentuk logo love, gardu pandang kayu dan juga hammocking.

Di atas puncak bukit, udaranya sejuk. Sedap mata memandang ke semua penjuru mata angin. Kedamaian, ketenangan, dan ada rasa kenyamanan tersendiri saat di puncak.

Keheningan dan sesekali ditemani bunyian burung-burung, suara-suara dari dalam hutan. Seru, dan itu biasa buat pecinta hiking dan tracking. Anak gunung, begitu ya?

Dua ilustrasi foto ‘buncit’ adalah postingan presenter cantik, presenter televisi CNN Indonesia. Satu di antara banyak orang aneh yang sudah ke sini adalah Anita Mae. Coba ditanyakan ke Anita suka dukanya, yuk!

Meski di Gunong Lumut terdapat petugas yang selalu bersih-bersih. Disini bukan berarti bisa bebas buang sampah sembarangan. Jangan dong!

Tidak ada yang diambil selain foto, tidak ada yang ditinggalkan selain kenangan. Sik asik!

(Bahrul/Kusmanto)