5 Kuliner khas Jawa Barat

Kuliner Jawa barat

Sobat Pariwisata, daerah Jawa Barat selain memiliki destinasi wisata yang keren, indah dan memesona. Provinsi ini juga memiliki kuliner yang gak kalah lezat dan nikmat serta menggoda selara dari daerah lain di Indonesia.

Kalau berbicara soal kuliner memang nggak bakal ada habisnya, dari A sampai Z. Nah, kali ini redaksi, ingin mengajak sobat untuk mengenal beberapa kuliner atau makanan khas dari Jawa Barat, yang gak boleh sobat lewatkan, ada apa aja nih?

Surabi
sumber foto: dolandolen.com

1. Surabi

Surabi adalah salah satu kue tradisional khas Jawa Barat yang terkenal akan kelezatannya. Surabi dibagi menjadi dua varian, yakni manis dan asin. Surabi asin tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Ada surabi rasa oncom hingga telur. Namun kini, para pemilik kedai atau warung surabi telah berinovasi dengan menambahkan berbagai macam topping pada sajian tradisional ini. Mulai dari menambahkan sosis sampai keju. Ada juga yang menggunakan keju mozarella lhoo.

Sedangkan surabi manis, biasanya disiram dengan gula merah yang telah dicairkan. Namun kini, terdapat surabi manis dengan berbagai pilihan rasa dan topping. Mulai dari surabi durian, surabi cokelat susu hingga surabi dengan meises dan juga keju.

mochi
sumber foto: foodnesia.net

2. Mochi

Kue mochi adalah kue yang merupakan kudapan asal Jepang, namun menjadi salah satu kuliner khas di Jawa Barat juga lhoo. Khususnya kawasan Sukabumi dan Cianjur. Kue mochi ini adalah makanan manis berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, sampai adonan menjadi lengket. Mochi di sini biasanya berisi kacang dan diberi taburan tepung sagu. Rasanya yang lezat dan nikmat ini bisa bikin kamu ketagihan lhoo.

nasi tutug oncom
sumber foto: makanajib.com

3.  Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan salah satu kuliner khas Sunda yang sudah tersohor hingga ke seluruh Nusantara. Nasi tutug oncom ini adalah menu makanan berat yang terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan. Nasi tutug oncom biasa disajikan dalam keadaan hangat, sehingga lezatnya lebih terasa nikmatnya.

Nasi tutug oncom ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni asin dan gurih dari oncom serta pulen dan manisnya nasi menambah nikmatnya sajian khas ini. Nasi tutug oncom ini berasal dari Tasikmalaya, namun hidangan ini dapat kamu temukan  hampir di seluruh wilayah di Jawa Barat lhoo.

opak khas jawa barat
sumber foto: ksmtour.com

4.  Opak

Opak adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat yang mudah kamu temukan dimana-mana. Opak sendiri memiliki beberapa varian, seperti opak singkong dan opak ketan. Kalo Opak singkong merupakan opak yang berbahan dasar singkong yang diparut, kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu. Sementara opak ketan sendiri adalah opak yang menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya yaa.

Opak ketan terbuat dari campuran beras ketan, air juga kelapa parut dan garam. Semua bahan tadi ditumbuk hingga halus kemudian adonannya dibentuk bulat pipih, setelah itu adonan opak dijemur. Bila proses menjemur telah selesai, opak bisa langsung dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar.

Manisan Pala
sumber foto: dilajustin.blogspot.com

5. Manisan Pala

Manisan juga menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat yang menjadi primadona. Salah satunya adalah manisan buah pala ini. Manisan buah pala biasanya terdiri dari manisan kering dan basah. Manisan pala dibuat dengan cara mengupas buah terlebih dulu, kemudian buah pala dipotong sesuai selera, lalu dimasak dengan cara direbus dan kemudian disiram dengan menggunakan air garam.

Daging buah pala yang telah direbus dan disiram air garam kemudian direndam dengan air kapur agar teksturnya tetap terjaga. Nah, untuk membuat manisan pala basah, pala yang sudah direndam air kapur tadi dicampur dengan larutan gula pasir mendidih, kemudian ditiriskan.

Sementara untuk membuat manisan buah pala kering, cukup dengan menjemur pala basah tadi di bawah sinar matahari sampai mengering sempurna. Manisan buah pala yang memiliki cita rasa manis dan asam namun tetap segar, ini bisa ditemui di Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Barat. Saat nanti sudah gak adanya Virus Corona, kamu boleh berlibur ke daerah Jawa Barat untuk bisa menikmati kuliner khas nya yaa!