5 Kuliner khas Kalimantan Timur

Pepes Kepiting Khas Kalimantan Timur

Sobat Pariwisata yang selalu setia, selanjutnya setelah kita intip akan destinasi wisata, rumah adat, dan tarian adatnya. Saatnya kini giliran kuliner khas yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, yang sudah pasti nggak kalah enak dan nikmat dari dearah lain di Indonesia. Dan pastinya bisa membuat penasaran untuk mencicipinya. Dari sekian banyak makanan yang menjadi ciri khas dari provinsi ini, redaksi pariwisataindonesia.id merangkum 5 kuliner khas provinsi ini, spesial buat sobat pariwisata! Apa aja pilihannya, yuk simak bareng-bareng ulasannya di bawah ini:

Ayam Cincane
Ayam Cincane,foto: kulinerindonesia.web.id

1. Ayam Cincane

Mendengar namanya saja mungkin sobat pariwisata sudah penasaran ya? Ayam Cincane ini sebenarnya ayam kampung yang dibakar dan dinikmati dengan sambal tomat. Meski kelihatannya sama dengan ayam kebanyakan, namun sebenarnya ayam ini diolah dan dibumbui dengan bumbu yang berbeda.

Sebelum dibakar ayam cincane ini biasanya di rebus terlebih dahulu dengan bumbu khusus. Setelah itu dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga kecokelatan. Baru setelah itu dilumuri dengan sambal tomat yang membuat lebih nikmat terasa saat menyantapnya.

Sayur Gangan Asam Kutai
Sayur Gangan Asam Kutai, foto: kaltimtoday.co

2. Sayur Gangan Asam Kutai

Variasi sayur asam yang ada di Indonesia sangat beragam dan memiliki ke khas an masing-masing, seperti sayur asam kangkung atau sayur asam ikan asin. Namun, jika berbicara sayur asam ala Kalimantan Timur maka akan sedikit unik. Sebab, sayur asamnya menggunakan bahan utama yang berbeda, yaitu kepala ikan gabus.

Untuk pelengkapnya adalah potongan kangkung, talas, dan jantung pisang batu. Rasanya sendiri sangat segar dan memiliki kaldu ikan yang kuat lhoo.

Nasi Bakepor
Nasi Bakepor, foto: phinemo.com

3. Nasi Bekepor

Nasi Bakepor adalah hidangan yang cukup sulit dicari, tapi karena rasanya yang lezat banyak juga orang yang mencari kuliner yang satu ini. Nasi Bekepor ini adalah berupa nasi putih yang biasanya dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur.

Nasi ini biasanya disajikan dengan sayur gangan asam kukar yakni sejenis sayur asem yang diolah bersama dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur ataupun daging masak bumi hangus. Nasi ini cukup unik dan menarik dan bikin penasaran untuk mencobanya. Saat nanti sobat pariwisata berkunjung ke Kalimantan Timur, pastikan untuk mencoba nasi ini ya!

Sambel Raja
Sambel Raja, foto: atapermana.blogspot.com

4. Sambal Raja

Seperti namanya! Sambal ini dulunya hanya dapat dinikmati oleh para raja dari Kerajaan Kutai. Tapi, setelah beberapa lama bisa disantap oleh anggota kerajaan dan masyarakat biasa. Bukan hanya cabai yang diuleg bersama bumbu, namun sambal raja lebih lengkap lagi.

Karena di dalamnya ada berbagai sayuran, seperti kacang panjang, terong ungu, irisan bawang merah dan telur rebus yang disiram bumbu pedas. Cara membuatnya cukup mudah, jadi semua sayuran dipotong kecil-kecil atau dicincang. Kemudian, digoreng bersama cabai merah, cabai rawit, terasi, gula dan garam yang telah dihaluskan. Setelah itu, diberi perasan jeruk cina. Biasanya, sambal ini menemani santap makan siang dengan menu sederhana, mulai dari nasi putih hangat, pepes kepiting hingga sate payau.

Sate Payau
Sate Payau, foto: phinemo.com

5. Sate Payau

Jika sobat pariwisata biasa menikmati sate dari olahan daging ayam atau kambing, di Kalimantan Timur menghadirkan sate dengan olah daging yang tak biasa lhoo! Karena berasal dari hewan buruan, yaitu payau (rusa) yang memerlukan perjungan untuk mendapatkannya. Sate payau ini memiliki rasa manis dan gurih, juga tekstur dagingnya yang lembut.

Kuliner khas yang satu ini dapat terbilang langka, dan tidak banyak tempat yang menjualnya, sebab daging rusa sebagai bahan dasarnya. Namun, sobat pariwisata bisa menjumpainya ketika ada festival atau acara adat yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Timur.