Kalimantan Selatan, Surga Makanan Fermentasi

Ada Mandai dan pekasam
Pariwisata Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan julukan Kota Seribu Sungai, Kalimantan Selatan, di kota ini terdapat banyak sekali kuliner yang wajib Sobat Pariwisata coba! Provinsi yang terkenal dengan kuliner soto banjar dan pasar terapung ini menyimpan beragam keunikan yang tidak kalah dengan provinsi lain di Indonesia.

Sobat Pariwisata! Kali ini redaksi akan mengulas makanan khas dari Hulu Sungai Tengah atau yang lebih dikenal dengan nama Barabai, salah satu daerah yang ada di Kalimantan Selatan. Tanpa menunggu lama, langsung saja disimak yuk!

 

1. Mandai

Mandai merupakan makanan favorit orang Banjar loh! Bahkan orang Banjar bilang, bukan orang  banjar kalau tidak suka makan Mandai. Kuliner yang satu ini memang terkenal akan kekhasan rasanya, makanan jenis ini terbuat dari kulit buah cempedak yang dikupas lalu diberi garam dan disimpan selama beberapa hari. Konon, semakin lama semakin nikmat!

Pariwisata Indonesia

Setelah itu Mandai bisa di masak dengan bumbu yang sederahana, cukup menggunakan bawang merah, bawang putih dan sedikit gula untuk menambah rasa gurih dari Mandai ini.

2.Pekasam

Sesuai namanya, masakan ini memang memiliki rasa yang asam, ini dikarenakan adanya proses fermentasi yang terjadi pada daging ikan. Pekasam biasanya menggunakan ikan air tawar seperti sepat atau anakan ikan betok yang kemudian di taburi samu. Samu sendiri merupakan beras yang di sangrai kemudian ditumbuk. Samu pada Pekasam bertugas sebagai pengganti ragi.

Pariwisata Indonesia

Perlu Sobat Pariwisata ketahui! Mandai dan Pekasam banyak ditemui di pasar tradisional di Kalimantan Selatan, namun jika Sobat Pariwisata ingin memakan Mandai atau Pekasam yang sudah siap santap, sobat bisa menemuinya di rumah makan kaki lima khas Banjar lhoo!(RPI/Bahrul)