Lakso, Kuliner khas Sumatera Selatan

Pariwisata Indonesia, pariwisataindonesia.id
sumber foto: mancode.id

Provinsi Sumatera Selatan memiliki aneka jenis kuliner yang khas  gak hanya pempek, tekwan atau pindang patin lhoo. Kuliner yang lain dan gak kalah nikmat dan begitu lezat menggoda adalah Lakso. Kuliner berupa mie gurih khas Indonesia yang disajikan dalam kuah berbahan santan kelapa berwarna kekuningan yang rasanya gurih, biasanya dicampur dengan ikan, dan ditaburi bawang goreng.

Bersantap makanan dan dihidang selagi hangat, kuliner ini cocok dan pas. Redaksi merekomendasi kuliner yang dapat disajikan di meja makan sebagai sarana untuk meningkatkan dan membangun komunikasi anggota keluarga. Menikmati kuliner Lakso kelezatannya tiada tara dan selalu ingin tambah terus.

Pariwisata Indonesia, pariwisataindonesia.id
sumber foto: akurat.co

Kuliner ini adalah salah satu makanan khas daerah Kota Palembang. Saat kamu mendengar namanya, kata lakso mirip seperti laksa. Akan tetapi ternyata tampilannya berbeda dengan hidangan laksa Serawak, Bogor dan juga Banjar atau daerah lainnya di Indonesia. Mungkin gak banyak yang mengenal makanan khas Palembang yang satu ini.

Maklum lakso memang gak sepopuler makanan Palembang lain seperti, pempek dan juga tekwan. Di Palembang, jenis olahan seafood sangatlah beragam karena wilayahnya dikelilingi oleh laut. Karena itulah Palembang dan beberapa wilayah lain disekitarnya lebih banyak menggunakan ikan segar dalam campuran menu kulinernya.

Pariwisata Indonesia, pariwisataindonesia.id
sumber foto: palembangcookpad.com

Lakso berkuah santan berwarna kuning, aromanya gurih dan wangi karena diberi tambahan rempah dan juga kunyit. Selain kunyit, kuah lakso juga diberi kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan juga ikan tenggiri. Membuat rasanya gurih dan begitu nikmat.

Untuk isiannya, lakso menggunakan adonan yang terdiri dari tepung beras dan tepung sagu dan air yang diuleni hingga licin dan dibentuk dengan alat penggiling mie kemudian di pilin hingga berbentuk mirip seperti pempek keriting.

Kuah kental yang bercampur dengan serpihan daging ikan dapat kamu siramkan diatas mie, rasanya gurih dengan aroma ikan yang berpadu dengan bumbu pekat jadi terasa lebih nikmat. Jika kamu suka pedas, dapat menyantapnya dengan tambahan sambal sehingga rasa lakso semakin gurih dan sedap.

Kuliner ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat wabah virus corona seperti sekarang ini, karena kaya akan rempah-rempah yang bagus buat kesehatan tubuh kamu!