MIE GOMAK, Spagheti Batak yang Gurih dan Nikmat

Pariwisata Indonesia, Mie Gomak, Kuliner Nusantara, Kuliner Khas Sumatera Utara
Mie Gomak (Foto: Media PI/Dok. id.pinterest.com/cookpad.com)

Helow, Noodle Lovers! Jangan ngaku sebagai pecinta mie kalo lo belum pernah nyobain mie yang satu ini, Mie Gomak namanya.

Buat yang pertama kali dengar kata gomak, mungkin lo berpikir kalo mie ini berasal dari Negeri Tiongkok. Tapi sebenarnya, mie ini berasal dari Indonesia tepatnya Provinsi Sumatera Utara.

Konon, gomak diambil dari kata menggomak atau menggenggam. Pada masa itu, cara menyajikan mie gomak emang digenggam menggunakan tangan kosong.

Sekarang, sih, penyajian mie gomak sudah menggunakan sendok atau garpu. Kalo ada yang masih menggunakan tangan, biasanya tangan mereka dilapisi dengan sarung tangan dulu. Jadi, kebersihannya tetap terjamin.

Oh ya, jika memerhatikan bentuknya, mie gomak ini mirip-mirip mie aceh. Tapi sebenarnya beda. Ditambah lagi, bahan utamanya pun juga enggak sama.

Kalo mie aceh pakai mie kuning atau mie telor, sedangkan mie gomak pakai mie lidi.

Ngomong-ngomong tentang mie lidi, bayangan lo tentang mie ini benar 100%. Mie lidi punya bentuk panjang dan kaku, seperti batang lidi.

Makanya, mie ini juga sering disebut spagheti batak, yang paling bikin mie gomak berbeda sama mie-mie lain adalah penggunaan andaliman atau merica batak.

Sesuai namanya, andaliman punya bentuk yang kecil-kecil seperti merica. Tapi, rasa pedas dan wanginya lebih kuat.

Masyarakat Sumatera Utara sering banget pakai andaliman di masakan mereka. Selain mie gomak, andaliman juga dipakai untuk bikin arsik, sambal tuk tuk, ayam pinadar, dan sebagainya. Seperti mie-mie yang lain, mie gomak bisa disajiin sebagai mie kuah maupun mie goreng, loh!

Umumnya juga nih, Gaes! Mie ini dilengkapi dengan toping telur rebus, daging-dagingan, dan goreng-gorengan, dan kalo pengen nyobain mie gomak sebagai pengobat rindu untuk para perantau, Lo bisa langsung ke restoran-restoran atau warung makan yang biasa menyajikan menu khas Sumatera Utara. Karena di tempat itu, mie gomak jadi salah satu menu andalan mereka.

Jangan heran bila menemukan sebagian warung makan tersebut, masak mie gomak masih pakai tungku tradisional. Katanya, sih, kalo masak dengan cara ini, aroma dan bumbunya akan lebih meresap.

Nah, buat yang susah nyari restoran atau warung makan ini, lo juga bisa bikin mie gomak sendiri di rumah. Cara bikinnya, gampang banget, kok.

Lo tinggal masukin mie lidi yang udah direbus ke dalam tumisan bumbu-bumbu halus (bawang merah-putih, cabe, kunyit, jahe, dan andaliman). Lo juga bisa nambahin kecombrang, sereh, daun jeruk, daun salam, dan daun bawang biar rasanya lebih mantap.

Kalo pengen bikin yang berkuah, lo tinggal tambahin santan atau air biasa. Tapi kalo pengen bikin mie goreng, ya, lo enggak usah masukin air.

Untuk bahan-bahan khusus seperti mie lidi dan andaliman, bisa lo temuin di supermarket atau online shop. Gimana, Noodle Lovers? Udah penasaran belum dengan mie gomak? Yuk, cobain biar kekayaan mie lo makin bertambah.

Pewarta: Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022

× Hubungi kami