5 Goa Ini Asyik Kamu Susur, Panoramanya Indah

Goa Jomblang. sumber foto : instagram/travel2traverse

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Tanah Air kita tercinta punya banyak goa yang unik dan menarik. Setiap goa memiliki ciri khas yang menawan bagi para wisatawan untuk disusuri atau caving.

Di antaranya, ada Goa Jomblang di Gunungkidul yang terkenal dengan fenomena cahaya surga.

Kami rangkum beberapa goa yang isinya keren untuk kamu semua susuri,

1.Goa Jomblang, Gunungkidul

Mungkin udah banyak yang tau dengan goa yang satu ini. Goa vertikal sedalam 80 meter ini menjadi salah satu objek wisata paling populer di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Bias, pendar cahaya matahari yang memasuki goa memantulkan warna warni yang memanjakan pandangan mata.

sumber foto : instagram/josefusan

2.Goa Parat, Pangandaran

Lokasinya berada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Keunikan Goa Parat terletak pada struktur batu di dalamnya yang memiliki bentuk menyerupai alat kelamin pria dan wanita. Tak heran bila batu tersebut di beri nama Batu Kelamin.

Goa Parat juga menjadi rumah bagi hewan-hewan liar seperti kelelawar dan landak.

sumber foto : instagram/josefusan

3.Goa Gong, Pacitan

Selain Pantai Klayar, Goa Gong jadi primadona wisata di Kota Pacitan, Jawa Tengah. Goa ini selalu ramai dipenuhi para pengunjung dari berbagai daerah karena kecantikannya. Di dalam goa ini, kamu akan dihipnotis oleh hiasan lampu warna-warni, yang membuat tampilan stalaktit dan stalakmit menjadi sangat memukau.

Tak hanya itu, bebatuan yang ada di goa ini juga dapat menimbulkan bunyi menyerupai alat musik tradisional Jawa yakni, Gong saat dipukul.

sumber foto : instagram/susu_cave

4.Goa Susu, Lombok

Kamu yang berencana liburan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, jangan lupa mampir ke Gua Susu yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur. Sesuai dengan namanya, keunikan goa ini terletak pada warna dindingnya yang putih menyerupai susu.

Di dalamnya, pengunjung juga dapat merasakan sensasi sauna alami yang berasal dari panas bumi yang keluar dari perut goa ini.

sumber foto : instagram/indonesia travel

5.Goa Batu Cermin, Labuan Bajo

Labuan Bajo gak cuma punya pantai yang indah, destinasi wisata prioritas yang dijuluki Bali Baru ini ternyata menyimpan harta karun lainnya yakni, Goa Batu Cermin. Santer beredar kabar bahwa goa ini dulunya berada di dasar laut. Mungkin karena adanya penemuan koral dan fosil binatang laut seperti kura-kura yang menempel di dinding goa./e

Kamu mau masuk ke dalem goa Gaaees?