5 Gunung di Jawa Tengah Asyik Didaki, Pemandangannya Indah Bener! 

Gunung Sumbing

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Sebagai negara yang dikelilingi Cincin Api, Indonesia punya banyak sekali gunung. Berikut ini Gaaees.. kami rekomendasikan 5 gunung dengan panorama indah di Jawa Tengah yang mungkin mau kamu mendakinya.

1.Gunung Sindoro-Temanggung

Gunung Sindoro tingginya 3.150 mdpl. Untuk mendaki sampai puncak dibutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Gunung Sindoro menjadi favorit para pendaki karena memiliki pemandangan yang indah, serta terdapat padang savana bertabur bunga edelweis. Gunung yang terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing ini juga termasuk gunung yang masih aktif.

2.Gunung Sumbing-Wonosobo

Gunung Sumbing tingginya 3.371 mdpl. Jalur pendakian paling umum adalah Jalur Garung, di Wonosobo. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

Hamparan savana yang luas menjadi ciri khas pendakian Gunung Sumbing via Bowongso. Savana ini akan berwarna kuning keemasan saat kemarau dan hijau segar di musim hujan. Bentang alam ini serupa dengan jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun dengan Bukit Penyesalannya yang tersohor.

3.Gunung Ungaran-Semarang

Gunung ini sangat favorit bagi para pendaki, khususnya yang berdomisili di Semarang dan daerah sekitarnya. Dengan ketinggian 2.050 mdpl, gunung Ungaran memiliki pemandangan yang indah. Gunung ini juga menjadi habitat spesies fauna dan flora. Seperti : Elang jawa, kijang, trenggiling, bondol jawa, jamuju, waru, bunga kantil, dll.


4.Gunung Prau-Wonosobo

Gunung Prau adalah salah satu gunung paling indah di Jawa Tengah. Dengan ketinggian di bawah 3.000 mdpl, membuat gunung ini tidak sukar didaki. Jalur yang biasa ditempuh ialah jalur Patak Banteng di Wonosobo.

Pemandangan yang disajikan membuat kagum para penikmatnya. Keindahan yang terkenal ialah bukit-bukit hijau yang sering disebut bukit Teletubies.

5.Gunung Andong-Magelang

Gunung Andong adalah gunung bertipe perisai dengan ketinggian sekitar 1.463 mdpl, yang gak terlalu tinggi untuk sebuah gunung. Walaupun gak setinggi gunung pada umumnya, gunung Andong tetap menarik untuk didaki. Karena, memiliki pemandangan yang keren dan jalur yang mudah ditempuh. Cocok sekali untuk yang baru pertama kali mendaki gunung.

Kamu mau mendaki gunung-gunung ini Gaaees? Ditunggu cerita pendakiannya ya…