Berwisata ke Padang, Ini 5 Destinasi Paling Top!

sumber foto : rri.co.id

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Berlibur ke Kota Padang. Ibu Kota Sumatera Barat ini punya sejumlah lokasi wisata populer. Kami rangkum sebagai berikut

sumber foto : kompas.com

1.Pantai Air Manis

Anak-anak tentunya menyukai dongeng atau cerita rakyat. Setidaknya, mereka pernah mendengar salah satu cerita rakyat dari Indonesia, seperti kisah Malin Kundang. Nah, di Pantai Air Manis ini, asal mula kisah itu berasal. Anak-anak pastinya akan tertarik ketika berkunjung ke lokasi ini sambil berswafoto bersama dengan batu Malin Kundang yang ternama.

Selain batu Malin Kundang, panorama pantai Air Manis juga tidak kalah menakjubkan. Dari sini Anda juga bisa melihat Gunung Padang sebagai latar belakang pemandangan pantai. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat anak-anak aman tanpa perlu dikhawatirkan.

sumber foto : pariwisata.padang.go.id

2.Pantai Padang

Menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan membuat nama Pantai Padang semakin tersohor. Lokasinya yang berada di pusat kota juga membuat tempat ini selalu ramai. Orang-orang lokal biasa menyebutnya dengan nama Taplau. Pantai Padang juga dekat dengan beberapa objek wisata dan pusat perbelanjaan, seperti Jembatan Siti Nurbaya, Plaza Andalaz, dan Pasar Raya Padang.

Mengajak anak-anak untuk bermain di sini merupakan pilihan yang tepat karena telah tersedia fasilitas bermain khusus untuk anak-anak. Di sekitar Pantai Padang juga banyak pedagang yang menjajakan makanan-makanan ringan. Dari Pantai Padang juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

sumber foto : liputan6.com

3.Jembatan Siti Nurbaya

Setelah menikmati panorama matahari terbenam di Pantai Padang, saatnya beranjak dan ajak anak-anak untuk menikmati malam di Jembatan Siti Nurbaya. Kawasan ini memang baru mulai ramai ketika senja tiba. Gak perlu khawatir dan takut gelap, karena suasana di sekitar jembatan sangat ramai dan terang benderang.

Jembatan Siti Nurbaya menghubungkan antara Kota Tua Padang dengan Gunung Padang. Di bawah jembatan merupakan muara Batang Arau tempat kapal-kapal tua bersandar. Di sekitar jembatan juga tersedia para penjaja makanan ringan, seperti roti bakar, jagung bakar, dan aneka makanan lezat lain.

sumber foto : tribunnews.com

4.Lembah Anai

Lembah Anai berlokasi di jalan lintas Padang-Bukittinggi. Atraksi terfavorit yang ada di sana adalah air terjun dengan tinggi mencapai 35 meter. Air yang mengalir berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam yang bersumber dari Gunung Singgalang. Air terjun yang masuk ke dalam cagar alam Lembah Anai ini memang menjadi salah satu spot menarik bagi wisatawan yang hendak ke Bukittinggi ataupun sebaliknya, berkunjung ke Padang.

sumber foto : ist

5.Museum Adityawarman

Gak ada salahnya mengajak anak-anak berlibur sambil belajar di Museum Adityawarman. Museum yang diresmikan pada 1977 lalu ini menyimpan jejak sejarah kebudayaan Minangkabau. Nama museum diambil dari nama penguasa yang pernah memerintah Minangkabau dan hidup pada zaman yang sama dengan kejayaan Kerajaan Majapahit.

Museum Adityawarman berfungsi untuk menjaga cagar-cagar budaya Minangkabau, Mentawai, dan Nusantara. Di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah yang sangat penting di Sumatera Barat.