Borobudur Jadi Wisata Candi Kelas Dunia

Candi Borobudur. Sumber Foto : Ist

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Candi Borobudur selalu menawan kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Keunikan budaya dan sejarah menjadi daya tarik destinasi wisata candi di Magelang, Jawa Tengah ini.

Dengan potensi wisata kelas dunia, Candi Borobudur kini menjadi salah satu wisata super prioritas di tahun 2020. Program yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menjadikan Candi Borobudur lebih menarik dan ke depannya Gaaees..

Dengan status candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur merupakan warisan budaya dunia yang cukup berpengaruh.

Di sini, kamu bisa melihat manifestasi dari kehidupan manusia yang terbagi atas tiga tingkat, yaitu Kamadatu, Rupadatu, dan Arupadatu yang nggak ditemukan di tempat lain. Semuanya dibalut dengan arsitektur bangunan berbatu yang sangat megah.

sumber foto : shutterstock.

Potensi wisata Borobudur gak cuma ada di bangunan candinya. Tapi juga pesona alam di sekitarnya, salah satunya adalah Punthuk Setumbu. Kawasan ini merupakan adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu.

Dari sana, kamu dapat menikmati cantiknya Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Punthuk Setumbu berada di sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl yang terletak di gugusan Bukit Menoreh.

Awalnya tempat ini hanya sebuah ladang penduduk, namun sejak ada fotografer yang mengabadikan sunrise dari sana, orang-orang pun pada berdatangan. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang digunakan duduk menanti matahari terbit

Jika sudah puas main di Punthuk Setumbu, wisatawan juga dapat bersantai di kawasan Air Terjun Kedung Kayang. Memiliki ketinggian 40 meter, Air Terjun Kedung Kayang menyimpan pesona Gunung Merapi dari kejauahan. Air yang mengalir dari atas, jatuh dengan derasnya, menciptakan efek cantik untuk berfoto.

Udara yang sangat sejuk berpadu dengan panorama hutan pinus di sekitar, membuat Air Terjun Kedung Kayang destinasi yang spesial. Air Terjun Kedung Kayang dapat diakses dari Boyolali maupun Magelang. Namun, para wisatawan lebih banyak memilih rute menuju Puncak Ketep untuk mencapai Air Terjun Kedung Kayang.

Gak jauh dari Borobudur juga terdapat Embung Klendung yang sungguh asri dan memesona. Berlokasi di Parakan, Temanggung, Embung Kledung menawarkan wisata danau yang berada di dataran tinggi. Udara sejuk dan panorama hijau tersaji siap bikin kamu terpukau. Makin menarik, karena kamu turut dimanjakan keindahan dua gunung kembar, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro./e