Desa Bena, Megahnya Warisan Budaya Nusantara

Adat Budaya Desa Bena. Foto : Andika Pradipta/PariwisataIndonesia.id

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Diceritakan Andika Pradipta

Dari Waerebo saya pun melanjutkan perjalanan ke Kampung Bena. Kampung Bena merupakan sebuah perkampungan megalithikum yang terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Dari Wae rebo perjalanan memakan waktu 5-6 jam. Tapi perjalanan selama itu gak terasa lama karena sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya.

Desa Bena yang berada di atas bukit persis di kaki Gunung Inere, membuat latar foto terasa sangat asri dan mempesona.

Desa Bena. Foto : Andika Pradipta/PariwisataIndonesia.id

Keberadaannya di bawah gunung merupakan ciri khas masyarakat lama yang mempercayai dan memuja gunung sebagai tempatnya para dewa, dan masyarakat Bena meyakini bahwa keberadaan Dewa Yeta yang bersinggasana di Gunung Inerie akan melindungi kampung mereka.

Desa Bena memiliki kurang lebih 40-50 an rumah yang masih menjunjung tinggi adat. Di depan rumah dipajang tanduk-tanduk kerbau yang tersusun rapi, menandakan jumlah kerbau yang mereka korbankan saat setiap upacara adat.

Desa Bena. Foto : Andika Pradipta/PariwisataIndonesia.id

Untuk mengunjungi Desa Bena pengunjung tidak dikenakan tiket masuk namun para pengunjung diharapkan mengisi buku tamu dan memberikan sumbangan sukarela untuk biaya pemeliharaan dan pelestarian kampung.

Kain tenun hasil karya warga Desa Bena. Foto : Andika Pradipta/PariwisataIndonesia.id

Tak hanya bekerja sebagai petani, para wanita Desa Bena biasanya lebih sering terlihat menenun kain khas Flores yang nantinya dijual ke wisatawan dengan kisaran harga mencapai Rp300 ribuan. Bahkan ada yang dijual sampai Rp1 jutaan, karena proses tenunnya sulit dan memakan waktu hingga 3 bulanan.

Desa Bena. Foto : Andika Pradipta/PariwisataIndonesia.id

Cukup mahal ya Gaaees.. tapi tenang aja, bagi yang tak membawa cukup uang dapat membeli syal tenun khas Bena dengan harga Rp75 ribu sampe Rp100 ribuan aja.

Ternyata keberadaannya juga menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara khususnya Jerman dan Italia. Para wisatawan mancanegara sangat suka dengan hal-hal yang berbau adat, apalagi adat tua yang memiliki sejarah yang menarik seperti Bena.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi kehidupan pada masa zaman batu bersama keramahan senyum para penduduknya, datang aja ya Gaaees ke Desa Bena, terutama kalo kamu sedang melakukan perjalanan darat di Flores.

Asyiknya touring wisata mengendarai motor./PariwisataIndonesia.id

Nikmatilah kemewahan dan kemegahan salah satu warisan budaya Nusantara yang mengagumkan di Bena./e

Sejuta kesan istimewa menanti kamu semua di Bena!

Baca juga ya Gaaees : Perjalanan Menikmati Pesona Desa Wae Rebo