Goa Kristal yang Memikat, Berair Biru Jernih

sumber foto : instagram

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Di NTT ini ada goa eksotis dan unik namanya Goa Kristal. Disebut Goa Kristal karena ketika kamu menyusuri atau caving dalam goa, akan membuktikan kejernihan airnya yang sebening kristal.

Goa ini berlokasi di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat. Luasnya sekitar 30 meter persegi. Air yang ada di dalam Gua Kristal memiliki rasa payau.

Ada pantulan membuat airnya tampak berwarna biru karena perpaduan air laut dan air tawar yang pasti akan membuat siapa pun terpesona. Uniknya, di dalam goa dihiasi berbagai stalaktit dan stalagmit yang warnanya bening dan kalau terkena cahaya akan menyerupai kristal.

Pesona keindahan langsung terlihat saat kamu menginjakkan kaki di mulut goa ini. Untuk mencapai dasar goa, butuh perjuangan. Kamu harus menuruni batu-batu curam untuk sampai ke kolam yang ada di dasar goa.

Kamu harus hati-hati karena bebatuan kars yang ada di dalam akan licin ketika terkena air. Di dalam goa minim penerangan. Bebatuannya terbilang tajam. Jarak dari bibir goa hingga sampai ke dasar gua sekitar 14 meter. Hati-hati aja ya Gaaees..

Sesampai di dasar gua, pemandangannya menakjubkan. Sebuah kolam dengan air yang jernih dan bening.

sumber foto : instagram

Rasanya kamu ingin nyemplung dan bermain air di kolam tersebut. Tapi, kamu harus bisa berenang ya, karena cukup dalam. Mungkin sekitar enam meter kedalaman airnya. Airnya terasa sejuk, dingin.

Dulu, batu-batu yang ada dalam gua menyerupai kristal. Terlihat bening jika terkena pantulan cahaya. Karena banyak pengunjung yang datang dan minta batu tersebut, akhirnya habis semua batu di sini.

Waktu terbaik mengunjungi Goa Kristal adalah pukul 11.00 waktu setempat. Karena pada waktu tersebut, matahari berada di posisi terbaik untuk menyinari kolam celah-celah gua, sehingga kamu dapat menikmati sisi terbaik dari Gua Kristal.

Lokasi Gua Kristal berjarak 20 kilometer dari Kota Kupang. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Disarankan untuk membawa senter, dan lebih baik lagi menggunakan jasa pemandu wisata untuk menyusuri goa ini./e