Pariwisata Indonesia, Penampakan Wajah Baru Sarinah, Wajah Baru Sarinah, Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata Indonesia, Trippers, Media PVK Grup, PT Prima Visi Kreasindo, CORPORATE SECRETARY PT SARINAH HASLINDA TRIEKASARI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR, PT SARINAH (PERSERO)
Wajah Baru Sarinah Makin Mentereng Usai Direvitalisasi (Foto: Media PI/Dok. PT Sarinah)

Makin Mentereng Usai Direvitalisasi, Corporate Secretary PT Sarinah: Ini Berkat Kesungguhan Hati Menteri BUMN, Begini Bilangnya…

PariwisataIndonesia.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengintegrasikan pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta dengan Holding BUMN Pariwisata dan pendukungnya yaitu Indonesia Journey, beberapa waktu lalu. Upayanya ini, kini berbuah manis.

Selepas diresmikan beroperasi sejak Senin (21/03/2022) lalu, tak ayal penampakan Sarinah dengan wajah barunya yang mentereng, memantik rasa penasaran masyarakat untuk melihat secara langsung akan transformasi yang dilakukan Menteri BUMN Erick beserta jajarannya.

“Foodcourt di Sarinah dengan nama Nusantara sudah buka kemarin, langsung diserbu. Total pengunjung mal mencapai 40 ribu per hari,” ditulis dalam keterangan resmi PT Sarinah (Persero), yang diterima redaksi media online Pariwisata Indonesia (PI), Sabtu (02/04/2022).

Hal lain, yang juga disampaikan dalam keterangan resminya itu, Sarinah tak sekedar menyuguhkan produk-produk kerajinan dan UMKM, masyarakat juga ditawari pengalaman baru menikmati sajian kuliner lokal melalui fooodcourt atau pujasera yang berada di basement Sarinah.

Corporate Secretary PT Sarinah, Haslinda Triekasari mengatakan, Sarinah akan menjadi perekat dan lokomotif UMKM karena ada wadah, pembinaan, simpul pertemuan business matching, fasilitas pembiyaannya terutama untuk ekspor, dan manajemen ada jejaring sesama BUMN dan Dufry.

Sambungnya, wajah baru Sarinah akan tampil sebagai Community Mall (mal komunitas), yang memanen kekuatan kreasi (makers, creators, producers, developer, & seller) komunitas, inklusif serta menjadi satu-satunya mal tanpa pagar dan tidak ada halaman belakang.

Haslinda menambahkan, Sarinah juga memberi pengalaman belanja khas Indonesia dalam satu atap dan cocok untuk lintas generasi, karena banyak ruang luar dan beranda outdoor dengan pemandangan metropolis Jakarta, situs-situs selfie, dan nuansa senja (sunset).

Menurutnya, apa yang ditemukan di wajah baru Sarinah sekarang sesuai dengan apa yang dijanjikan Menteri BUMN Erick, ketika pusat belanja modern pertama di Indonesia usai direvitalisasi akhir tahun 2020 lalu.

Saat itu, (kata dia, red), Menteri Erick mengatakan, Sarinah yang baru akan hadir sebagai ‘Panggung Karya’ Indonesia dengan memasarkan seratus persen produk lokal dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

“Sarinah, sejarah yang hampir terlupakan. Tapi ini bagian ekosistem yang mau dibangun,” kata Menteri BUMN, dikutip dari postingan instagram @erickthohir, Jumat (21/01/2022) silam.

Menuturkan pandangan Erick, kata Haslinda, pemugaran Sarinah sebagai bentuk dukungan Kementerian BUMN dalam meningkatkan produk lokal. Sarinah saat sekarang, menyerupai community mall atau kehadiran wajah barunya akan menjadi wadah berbagai komunitas untuk berkolaborasi, dan berkarya, khususnya bagi para pencinta seni, wirausaha lokal, dan UMKM.

“Indonesia Journey itu adalah ekosistem yang besar yang kita bangun mengintegrasikan, tidak tanggung-tanggung seluruh airport di Indonesia, seluruh Hotel BUMN yang jumlahnya 120, Industri pesawat terbang di Indonesia, lalu juga tujuan wisata,” terang Menteri BUMN, yang dituturkan kembali oleh Haslinda.

Berikutnya, Haslinda Triekasari juga menyematkan kesungguhan hati Menteri Erick yang bertalian dengan hal tersebut, di antaranya Indonesia Journey merupakan Holding BUMN Pariwisata dan pendukungnya bersifat ekosistem dari multi sektor. Lanjutnya, akan menjadi ekosistem pariwisata terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

Sebab, dia menambahkan, meliputi seluruh BUMN yang terkait dengan industri pariwisata dan pendukung, mulai dari bandara, hotel, hingga destinasi wisata yang terintegrasi dan terkonsolidasi dari hulu hingga hilir.

“Melalui Sarinah, kami menggandeng pengusaha lokal yang harus menjadi bagian ekosistem memajukan produk Indonesia,” tulis Corporate Secretary PT Sarinah, ia menceritakan penuturan Menteri BUMN kala tu.

Di akhir keterangannya, Sarinah ke depan, diproyeksikan menjelma menjadi etalase produk lokal Indonesia yang mendunia, dan melalui pengintegrasian ini, kehadirannya juga menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan untuk mencari pernak-pernik khas Indonesia melalui superapp travel plan Indonesia Journey. (Alex/eh)