Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf hingga Menteri Sandi Sampaikan: Selamat Menyambut Ramadhan 1443 H

Pariwisata Indonesia, Ilustrasi foto Sambut Ramadhan 2022
(Ilustasi Foto: Marhaban Ya Ramadhan 1443 H/Sumber: Shutterstock)

PariwisataIndonesia.ID – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag), telah menetapkan awal puasa Ramadan 1443 H dimulai pada Minggu, 3 April 2022.

Baca juga :  Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H: Minggu 3 April 2022

Dalam pantauan Beben, wartawan media online Pariwisata Indonesia (PI), hal tersebut merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam, sejak Jumat (1/4/2022) sore.

Keputusan sidang isbat itu, mengacu pada Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004, yang tahun ini tetap digelar secara hybrid karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

Mengulik tempat pelaksanannya, berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta pada Jumat, (1/4/2022), yang dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. In hasiil sidang isbat yang disepakati bersama,” ujar Yaqut.

Sejalan dengan hal tersebut, sejumlah tokoh di Tanah Air sampaikan selamat menyambut Ramadhan 1443 H. Berikut tiga ucapan menyoroti hal itu, yang dihimpun media PI.

Mengawalinya, dimulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengucapkan selamat menyambut Ramadhan 2022 , dan selamat menunaikan ibadah puasa untuk masyarakat Indonesia.

Ucapan Presiden Jokowi disampaikan saat menggelar konferensi pers bersama Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jumat (1/4/2022).

“Saya ingin mengucapkan marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Presiden Jokowi.

“Semoga kita semua senantiasa dilimpahkan rahmat dari Allah SWT dan dijauhkan dari penyakit dan bencana,” sambungnya.

Berikutnya, senada dengan Presiden Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin sampaikan hal yang sama kepada umat Islam di seluruh Indonesia.

“Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhai setiap upaya yang kita lakukan,” ujarnya.

Selanjutnya, ucapan resmi ini juga datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui media sosialnya, setali tiga uang dengan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

“Saya ucapkan selamat berpuasa bagi teman-teman yang sudah menunaikan puasa esok hari, 2 April 2022. InsyaAllah Ramadhan ini membawa kita kepada hati yang selalu ridho akan ketetapan Allah SWT. Mari luruskan niat Lillahi Ta’ala, dan bersama saling mengingatkan dalam kebaikan, mohon maaf lahir dan bathin,” tulis mantan Wagub DKI Jakarta di Instagram @sandiuno, Jumat (1/4/2022).

× Hubungi kami