Menjelajahi Wisata Alam Cimahi

sumber foto: pesona bandung barat_instagram

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Cimahi, Jawa Barat menyimpan “sejuta” wisata alam yang mempesona. Keindahan panorama alam di Cimahi tidak kalah keren dari Bandung. Banyak destinasi wisata yang sangat menarik disini. Kota tentara ini memiliki hawa sejuk, penduduk yang ramah, serta lokasi yang strategis. Berikut adalah tempat wisata di Cimahi dan sekitarnya yang dapat dijadikan referensi berwisata.

Alam Wisata Cimahi
Alam Wisata Cimahi (AWC) berlokasi di Jalan Kolonel Masturi Km 14, dan di bawah pengelolaan CV Kebun Tanu Anugrah yang fokus pada mengembangkan potensi pariwisata di bidang pertanian, peternakan dan juga kuliner. Lokasi ini diresmikan sejak tanggal 18 Oktober 2009.

Peresmiannya dilakukan oleh walikota Cimahi kala itu yaitu Ir. H. Itoch Tochija. Memang saat diresmikan, fokus tempat wisata ini adalah kuliner, namun seiring berkembngya AWC, berbagai macam fasilitas pun bermunculan.
Beberapa permainan yang ada yaitu jembatan goyang dan flying fox. Fasilitas lainnya adalah kolam renang, kolam pemancingan, sampai dengan restoran dan tempat makan dengan menu beragam.

Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga terutama bersama anak anak. Udara yang segar dan pemandangan yang hijau cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan jauh dari hiruk pikuk keramaian.
Setelah puas berfoto dengan keluarga atau pasangan, ingat jangan lupa untuk unggah ke media sosial. Tidak usah khawatir sinyal lemot karena ada XL Axiata jaringan internet stabil yang telah terfiberisasi.

Curug Cimahi
Curug Cimahi atau Air Terjun Cimahi mempunyai pemandangan yang indah dan udara begitu segar. Tempat wisata yang luasnya kurang lebih 2 hektare ini, cukup terkenal dan punya keistimewaan tersendiri.
Tinggi curug sekitar 87 meter dan dijadikan sebagai salah satu curug tertinggi di provinsi Bandung. Nama curug ini diambil dari Sungai Cimahi yang berhulu di Danau Lembag dan mengaliri kota Cimahi.

Menuju ke tempat ini, bisa menggunakan dua akses. Pertama menggunakan jalur Cimahi melalui jalur Cihanjuang dan Parongpong. Jalur yang kedua bisa ditempuh dari jalur Lembang Bandung. Jalur yang melalui kota Cimahi, anda bisa masuk ke jalan Kolonel Matsuri di dekat alun alun Cimahi.

Menyusuri jalan akses kedua akan membawa pengunjung menuju ke Cihanjuang dan juga Parongpong. Lurus terus ke utara menuju ke daerah Lembang. Jika ditempuh dari Bandung, kamu bisa melalui pusat Kota Bandung, kemudian arahkan kendaraan untuk melalui Lembang dan masuk ke dalam Jalan Sersan Bajuri.

Taman Wisata Paku Haji
Taman Wisata Paku Haji yang berlokasi di Jalan Haji Ghofur dan menawarkan pengalaman berkuda, halang rintang, sampai dengan permainan ATV. Selain itu di sana, kamu dapat melihat aneka satwa di kebun binatang dan terdapat pula kolam renang.
Untuk mencapai lokasi wisata memang harus melewati jalanan yang ekstrim, akan tetapi semua akan lunas saat kamu melihat hamparan hijau menyejukkan mata, setibanya di Taman Wisata Paku Haji yang luasnya sekitar 10 hektare tersebut. Fasilitas wisata yang ada di tempat ini cukup lengkap dan strategis.

Curug Malela
Curug Malela memiliki ketinggian antara 60 hingga 70 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter. Dengan hulu sungai yang berasal dari bagian utara Gunung Kendeng, lalu mengalir membentuk sebuah jaringan Sungai Cidadap, dan bermuara di Cisokan.
Aliran air begitu deras, terkadang kamu juga dapat melihat adanya monyet ekor panjang yang minum di bagian bawah Curug Malela. Curug Malela termasuk dalam rangkaian air terjun sepanjang 1 kilometer. Jika diurutkan dari yang teratas adalah Curug Malela, Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dengan penutup Curug Pamengpeuk. Semua berlokasi di Desa Cicadas, Bandung Barat.

Curug ini sangat indah sebab terdiri dari beberapa aliran air terjun di bawahnya. Saking indahnya, banyak yang mengatakan bahwa curug ini merupakan Air Terjun Niagara mini. Meski indah, untuk mencapai tempat wisata satu ini cukup melelahkan, sehingga diperlukan fisik yang kuat dan persiapan bekal makanan ataupun minuman yang lengkap.
Jika ingin datang ke curug ini, sebaiknya jangan saat hujan, sebab akses jalan belum bagus dan memadai. Saat hujan akses jalan ini licin dan juga becek sehingga menyulitkan menuju ke lokasi tersebut.

sumber foto: hatriani22_instagram

All About Strawberry
Buat pecinta strawberry jangan lupa untuk mampir dan mengunjungi All About Strawbery di Jalan Cihaunjang Km 2. Di sini dapat merasakan pengalaman menarik memetik buah strawberry. Suasana yang begitu segar dengan dilengkapi area bermain untuk anak, menjadikan tempat ini selalu dikunjungi.

Sebelum pulang, sebaiknya mampir dulu ke bagian toko souvenir dan berbelanja beragam pernak pernik strawbery sebagai oleh-oleh.
Bisa dikatakan tempat wisata yang ada di sini merupakan tempat wisata yang bersahabat, hal itu karena harga tiketnya yang murah. Setelah membayar tiket pengunjung yang datang kesini bisa mendapatkan satu gelas strawbery dengan gratis sebagai ucapan selamat datang.

Walaupun lokasi wisatanya tidak luas, namun mengesankan. Bagi kamu yang membawa anak anak, kamu bisa mengajak anak-anak ke rumah koboi. Anak kamu bisa menunggang kuda layaknya koboi. Selain strawbery, bagi yang ingin berwisata kuliner juga bisa disini yaitu kamu bisa mencicipi tahu gejrot, colenak, pisang penyet dan masih banyak lagi lainnya.

Seruuu kaaan….yah semua sudut selalu seru untuk diabadikan dan di unggah ke Instagram, Twitter dan Facebook. Seseru XL Axiata yang telah terfiberisasi dengan jaringan internet stabil. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi