Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Mencintai Kesenian Nusantara Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

Redaksi masih mengulas pariwisata di tanah air yang ada di tiap provinsi. Dan kesenian yang ada di provinsi Kalimantan Tengah(Kalteng), salah satunya adalah tarian yang melegenda dan paling ngehits, Tari Manasai. Sobat pariwisata, kita ulas aja langsung. Yuk, cekidot!

Sobat pariwisata, karakteristik dan pesan positif yang disampaikan melalui kesenian tari ini menggambarkan tarian pergaulan. Tampak kegembiraan dalam wajah para penari dan kreografernya sangat sempurna.

Terlihat dari formasi dan warna warni busananya. Maupun gerakan tangan ke kiri dan ke kanan. Memutar lalu maju ke depan. Cengkok dan irama dalam semua gerakan sejak awal hingga selesainya tarian dipentaskan, tampak penarinya riang gembira. Tarian ini konon untuk menyambut tamu-tamu agung, tamu kebesaran dan tamu pemerintahan yang berkunjung ke pemprov Kalteng.

Rasanya pantas, bila redaksi www.pariwisataindonesia.id menyematkan Tari Manasai sebagai ikon kesenian dan kebudayaan provinsi Kalimantan Tengah. Tarian ini kerap dipentaskan dan sering kita saksikan saat tamu kebesaran dan bersifat khusus berkunjung lalu disambutlah dengan Tari Manasai.

Kesenian tari ini sering dihadirkan baik di tingkat nasional maupun pementasan internasional. Mari tonton layar video dari Dwi Prabowo YS dalam channel Youtubenya, pementasan internasional menampilkan Tari Manasai.

Tarian ini dilakukan oleh orang jamak. Peserta ada pria dan wanita, berdiri berselang-seling dan di titik tertentu membentuk formasi lingkaran. Kemudian kembali berputar ke arah kanan dan kiri, sambil bergerak maju.

Sebagaian lagi bergerak berlawanan arah. Tarian ini bisa dikatakan juga sebagai tarian untuk penyemangat. Mau coba ikutan menari? Semua bergerak. Anggota tubuh kamu menyatu dalam tarian looh. Kaki bergerak, tangan menari-nari, badan pun harus menyatu, wajah juga tampil bahagia.

Tari Manasai, Pariwisata Indonesia

Tari Manasai / Foto: mediacenter.palangkaraya.go.id

Kamu tersenyum dan happy dalam menari nari. Ekspresi kebahagiaan tampak dalam tarian ini. Sikap kedisiplinan. Dan mengajarkan kekompakan serta selaras dalam gerakan. Irama dari mulai penari yang terdepan hingga ke belakang, keseluruhan harus tampil sempurna. Secara jelas tarian ini menuntut, individu penari, wajib bersikap profesional. Kematangan dan profesional si penari ataupun dari sanggar tarinya. Maupun pementasan yang berlangsung apakah panitia meminta untuk melibatkan pengunjung.

Tarian ini tampak bisa diluaskan untuk gerakan masal bersama. Ada interaktif. Formasi lingkaran membentuk titiknya lebih luas, hingga para tamu dapat diajak dan diperbolehkan bergabung ke dalam lingkaran. Mereka ikutan menari nari. Makin banyak turun melantai, partisipasi pengunjung baik itu tamu-tamu agung dan masyarakat maupun pejabat teras. Maka suasananya ini, punya sensasi tersendiri. Lingkaran makin membesar. Tidak cukup disini, penari harus bisa membangkitkan suasana. Hadirin jadi terpesona berdendang dan berjoget. Irama musik dinaikan, berdentum lebih riang gembira. Pada akhirnya tercipta kehangatan. Menyatu dalam suasana kegembiraan yang meriah.

Satu video bagus dari konten kreatif dan jangan lupa kamu subscribe, menghadirkan ‘Tari Manasai’ dalam gerakan berjamaah. Mari saksikan layar video channel Youtube Ahmad Ridha. Tonton, yuk!

Gerakan ini jadi semirip dengan tarian poco-poco atau berjoget ala cha-cha dan salsa. Hadirin yang turun melantai tidak dibatasi usia. Siapa saja bisa ikutan bergabung. Suasananya tampak ceria dan bahagia. Semuanya bisa ikutan masuk ke dalam lingkaran. Irama musik yang mengiringi tarian bak yel yel, yo yo untuk mari terus dan terus berdendang hingga tak ada satupun dari yang berjoget merasa bosan. Satu sama lainnya berbagi keceriaan. Disini istimewanya tarian ini. ‘Keren!’
Buat sobat pariwisata maupun turis sertas wisatawan lokal yang mau tahu banyak tarian ini, saksikan aja langsung saat Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan ini jadi acara tahunan, diselenggarakan oleh pemprov Kalteng. Dan tentu menjadi ‘gawe’ dari Dinas Pariwisata dan dinas-dinas terkait disini.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Indah di Kalimantan Tengah

Kita harus bangga menjadi anak bangsa, bangsa Indonesia. Masa depan bangsa berada di tangan kamu sebagai generasi muda. Kamu lah yang kelak memimpin dan mengisi bangsa Indonesia ke depan nantinya. Anak muda Indonesia, penerus generasi saat ini. Indonesia adalah bangsa yang besar dan disegani. Kalau bukan generasi mudanya mencintai kebudayaan dan kesenian negrinya sendiri, lalu siapa lagi yang mewarisi semua ini kelak?

Promosi pariwisata Indonesia harus mulai melirik potensi kebudayaan dan kesenian nusantara. Pasca pandemi ini dan keadaan mulai makin membaik, upaya mempromosikan Indonesia bisa aja dengan mengundang wisatawan berkunjung dan silahkan saksikan semua tarian nusantara. Kebudayaan dan kesenian di 34 provinsi kita adalah bagian dari kekayaan Indonesia yang istimewa. Tentunya menjadi tantangan dan pekerjaan rumah Kemenparekraf RI, saat ini dan ke depan.
Artikel ini dihadirkan redaksi, menambah literasi kebudayaan dan kesenian, khususnya dari wilayah provinsi Kalimantan Tengah. Semoga bermanfaat!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )