Destinasi Wisata Indah di Kalimantan Tengah

Destinasi Wisata Indah di Kalimantan Tengah

Rekomendasi untuk Rencana Liburan Pasca Pandemi

Masih liputan di pulau Kalimantan, kita bergeser dikit aja dari Provinsi Kalimantan Barat, yuk cekidot let’s go to Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Rumah Adat Betang dari Kalimantan Tengah

Redaksi www.pariwisataIndonesia.id, mengajak sobat pariwisata untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di provinsi ini. 5 destinasi favorit wisata yang redaksi rangkum dari sekian banyak destinasi wisata yang ada, dan mungkin aja ada dalam list liburan kamu saat ini, Apa aja, yuk cari tahu!

Taman Nasional Tanjung Puting, Pariwisata Indonesia

Taman Nasional Tanjung Puting / Foto: faktakalimantan.co.id

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Pesona Taman Nasional Tanjung Puting sudah diakui dunia. Sudah kesini kah? Sejak tahun 1984, taman nasional jadi pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia.

Baca Juga:  Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Bahkan, taman nasional ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer lhoo! Untuk tiket masuknya masih terjangkau laaah. Harga tiket masuk, tiket masuk Rp12 ribu, kamera Rp 5.000, handycam Rp 15 ribu, tiket klotok Rp50 ribu, dan parkir klotok Rp10 ribu. Jangan lupa karena suatu hal, harga tiket bisa aja berubah.

Bukit Tangkiling, Pariwisata Indonesia

Bukit Tangkiling, foto: kataomed.com

2. Bukit Tangkiling

Provinsi Kalimantan Tengah ibukotanya Palangkaraya masih didominasi kawasan hutan. Tidak heran kalau kita akan mudah menemukan tempat wisata yang perawan. Salah satunya, Bukit Tangkiling dan ini jaraknya cuma 34 kilometer dari pusat kota. Kamu bisa melihat berbagai macam jenis satwa, wisata religi. Nahh, kegiatan bikin jantung serasa mau lepas, wisata extrem dan adventure dan penuh drenalin ada disini. Dari atas Bukit Tangkiling kamu bisa memandang jembatan Kahayan, Bukit Baranahu, Tabala, hingga Liau yang indah. Cantik dan memesona. OMG, keren. Sudah kesini, belum?

Danau Tahai, Pariwisata Indonesia

Danau Tahai / Foto: disparbudpora.palangkaraya.go.id

3. Danau Tahai

Danau ini terletak di Desa Tahai. Berjarak kurang lebih ya 29 kilometeran lah dari pusat kota. Danaunya luar biasa, istimewa banget. Dikelilingi hamparan hutan hijau, mata resep deh. Dijamin top, karena memang memesona. Banyaknya lahan gambut di area sekitarnya itu, mengakibatkan warna air danau merah kecokelatan. Saat berlibur disini, jangan lupa membawa kamera terbaikmu, ya! Banyak banget spot fotogenik dan instagramable, surganya buat pecinta jepret-jepret. Punya drone, mantap, mainkan. Keren banget, dijamin 100%. Foto di jembatan, rumah terapung, di dalam hutan, dan segudang tempat buat foto-foto bagus. Keren-keren, buruan aja datang!

Pantai Ujung Pandaran, Pariwisata Indonesia

Pantai Ujung Pandaran / Foto: kapuas.info

4. Pantai Ujung Pandaran

Kamu yang suka keindahan wisata pantai coba berlibur ke Desa Ujung Pandaran. Disini akan menemukan Pantai Ujung Pandaran yang indah, cantik dan pesonanya memukau. Pantai ini favorit dan populer. Pantai yang menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang tentu menakjubkan serta sayang banget kalau dilewatkan. Pada saat 10 Syawal, pasca lebaran, tempat ini, ramai dikunjungi, Jangan kaget, ada ritual kaleng laut, yaitu, para nelayan bekerja secara bersama-sama untuk membersihkan pantai. Mereka mempercayai, ritualnya dapat memberikan rasa aman dan keberuntungan. Bagaimana, sudah berkunjung kesini?

Istana Kuning, Pariwisata Indonesia

Istana Kuning / Foto: kotawaringinnews.co.id

5. Istana Kuning

Selanjutnya, berliburlah ke Istana Kuning. Mendengar namanya aja, mungkin penasaran, bukan? Meski namanya Istana Kuning, objek wisatanya disini tidaklah seperti Istana Maiumun di Medan. Warna kuningnya sudah tidak kental, nggak kuning-kuning amat warnannya. Konon, zaman Kerajaan Kutaringin dulu, sering menghiasi istana dengan kain atau aksesoris yang bewarna kuning.

Sebagian besar bangunan istana terbuat dari kayu ulin. Ciri khas dar bangunan wisata ini. Hingga sekarang, bangunan masih tetap berdiri kokoh dan megah. Terjaga keasliannya, sehingga menarik banyak minat wisatawan hadir dan berkunjung.

Dari 5 destinasi wisata tadi, apakah semua tercantum dalam daftar liburan pasca pandemi?

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )