Tebing Breksi, Wisata Ngehits dan Instagramable!

Foto: Umi/PariwisataIndonesia.id

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Berwisata ke Jogja gak  bakal habis dan bosan-bosannya Gaaees. Kamu bisa berwisata budaya, kuliner, serta wisata alam bisa dinikmati sekaligus di kota ini. Satu lagi wisata alam yang beberapa tahun belakangan ini nge-hits bangetzz, yakni Tebing Breksi Jogja. Destinasi wisata yang berlokasi di Pendukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo Prambanan, Sleman, Jogjakarta, ini menawarkan panorama indah yang memiliki daya tariknya sendiri dibandingkan tempat lainnya.

Foto: Umi/PariwisataIndonesia.id

Tebing Breksi ternyata pernah menyimpan kisah kelam di masa lalu. Bukit ini dulunya lokasi penambangan, kemudian beralih fungsi setelah sekelompok warga yang peduli lingkungan, bergerak untuk menyelamatkan bukit yang sudah hampir habis terkikis. Awalnya Tebing Breksi adalah lokasi penambangan batu kapur yang menjadi salah satu pencaharian warga sekitar. Kebijakan Pemerintah Daerah pada tahun 2014 yang membuat warga gak lagi menambang di sini, karena perbukitan ini rupanya bukan sekadar kapur breksi, namun endapan abu vulkanik gunung api purba sehingga termasuk cagar budaya yang harus dijaga kelestariannya.

Masih terlihat jelas, bekas pahatan-pahatan penambang seolah menjadi saksi bisu. Berkat social-media juga, kemudian tebing Breksi menjadi semakin hits di kalangan milenial yang hampir setiap hari berdatangan untuk foto-foto. Melihat potensi ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman kemudian secara bertahap mulai membangun fasilitas pendukung. Seperti Mushola, tempat makan, parkir yang luas, toilet, dan panggung serbaguna yang kemudian dimanfaatkan untuk event-event menarik pengunjung dari beragam kalangan. Tangga-tangga menuju puncak tebing juga semakin dibenahi, terutama dibuatnya garis pembatas untuk menjaga para pengunjung agar tidak berdiri di pinggir tebing.

Selain itu, untuk mempercantik sekaligus meningkatkan nilai seni, dinding tebing dipahat oleh para seniman. Membentuk karakter-karakter pewayangan yang melambangkan sejarah budaya bangsa Indonesia. Lokasi yang strategis juga membawa pengaruh tersendiri, yaitu lokasinya berada di antara dua tempat hits lainya seperti candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Seolah perpaduan antara masa lalu dan masa kini yang dikemas dalam wisata alam dan sejarah bersamaan.

Yang jelas tidak sulit untuk menuju tebing Breksi, cukup mengetahui arah candi Ratu Boko maka wisatawan sudah mendekati lokasi wisata tebing Breksi. Atau lebih tepatnya terus ke-arah selatan menuju lokasi candi Ijo. Cukup ikuti petunjuk arah saja, maka sudah bisa sampai di tebing Breksi atau tepatnya lokasi berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta. Harga tiket masuk juga cukup terjangkau, yaitu hanya  membayar retribusi parkir saja untuk kendaraan roda dua 2000 rupiah dan mobil 5000 rupiah saja. Tidak perlu cemas bila sesampainya dilokasi wisatawan kelaparan. Bisa langsung menuju tempat makan yang sudah tersedia bersih dan rapi, yang pastinya terdapat beragam kuliner yang memanjakan lidah.

Foto: Umi/PariwisataIndonesia.id

Biasanya menjelang sore, banyak wisatawan mulai berdatangan untuk melihat langit sore yang menawan. Karena dari atas bukit, wisatawan dapat melihat gemerlap cahaya perkotaan yang menyejukan mata. Sementara itu, matahari perlahan mulai menuju senja menggantikan malam sangat pas untuk menghirup segarnya alam semesta.

Romantisme yang kemudian menjadi salah satu andalan senja juga tidak begitu saja terlewatkan, sangat indah untuk terlalu cepat beranjak dari puncak tebing. Sementara itu kaum social-media mulai mencari sudut indahnyamasing-masing untuk abadikan moment.

Tebing breksi memang lebih banyak disukai bagi penikmat wisata khusus yang bersifat petualangan seperti misalnya panjat tebing, sepeda gunung atau fotografi. Banyak bagian dari tempat ini yang indah untuk dijadikan sebagai obyek foto. Foto prewedding juga sangat cocok jika dilakukan di tempat ini.

Jika dilihat-lihat maka tempat ini mirip dengan Brown Canyon di Semarang atau bentuk mini dari Grand Canyon di Amerika Serikat. Mungkin dengan semangat yang sama maka dibukalah tempat ini menjadi obyek wisata.

Dari puncak tebingnya, kita dapat melihat lanskap Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong dan kemegahan Gunung Merapi bahkan kota Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin mencapai puncak tebing tidak perlu khawatir repot, dikarenakan sudah dibentuk anak tangga di sisi tebing menuju ke atas. Anak tangga di sisi tebing ini juga cantik untuk obyek berfoto dan swafoto atau selfie ya Gaaees!