Tips Liburan Naik Kapal Laut Supaya Makin Menyenangkan

Kapal Pinisi. Sumber Foto : bajorental.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Berlibur dengan berlayar atau naik kapal laut ternyata banyak penggemarnya, mungkin termasuk kamu ya Gaaees..

Deburan ombak dan lain-lain yang seru terasa amat menyenangkan di atas kapal laut.

Salah satu, destinasi wisata yang dapat dinikmati sambil naik kapal laut adalah di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Wisata bahari dengan naik kapal laut jenis Kapal Pinisi menjelajahi perairan di Labuan Bajo menjadi daya tarik tersendiri.

Kalo kamu ingin berlayar naik kapal laut, kami punya tips nya supaya liburan makin nyaman, aman, dan tentunya menyenangkan. Kami rangkum sebagai berikut Gaaees..

sumber foto : bajorental.com

1.Pastikan Kapal Gak Bocor

Ya iyalah. Kalo bocor kamu bisa tenggelem. Kamu harus memastikan bahwa kapal laut yang kamu naiki untuk berlayar di laut dalam kondisi yang sangat baik, terawat, dan aman untuk berlayar.

Kamu bisa bertanya kepada pengelola kapal, termasuk keadaan mesin kapal yang harus dalam kondisi baik. Jangan sampai mogok di tengah laut. Kamu juga perlu mengetahui ukuran kapal, berlabuhnya di mana, dan ada kegiatan apa saja di atas kapal laut.

2.Bawa Barang Secukupnya

Pastikan membawa semua barang-barang kebutuhan pokok, seperti pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan obat-obatan. Pastikan kamu membaca panduan tentang apa yang harus dikemas untuk pelayaran. kamu juga wajib membaca beberapa tips dan trik pelayaran yang sangat praktis.

sumber foto : indahnesia.net

3.Atur Jadwal Keberangkatan

Kamu harus memilih jadwal keberangkatan jauh-jauh hari. Perlu mempertimbangkan faktor musim dan cuaca. Sebab, sebagus apa pun kapal dinaiki, ketika ombak laut sedang besar, maka perjalanan wisata kamu pasti berisiko. Sebaiknya pilih jadwal bepergian dengan kapal laut saat pagi hingga siang hari.

4.Kenali Situasi Kapal Laut

Saat sudah menaiki kapal laut. Sebaiknya kamu langsung berkeliling mengamati situasi kapal. Kamu harus mengetahui lokasi-lokasi penting, seperti pintu keluar, tempat jaket pelampung, dan letak sekoci. Sebaiknya, pilih posisi kursi yang nyaman dan aman dekat untuk berbagai akses keselamatan tersebut.

sumber foto : bajorental.com

5.Pakai Sunblock dan Sunglass

Barang yang satu ini harus ada di dalam tas. Sebab, meski kamu berada di dalam kapal laut, paparan sinar matahari bisa mengenai kulit dan mata. Untuk itu, kamu bisa menggunakan pelindung kulit. Kacamata khusus matahari atau sunglass juga berguna untuk melindungi mata dari sinar UV. Dengan memakai sunglass, kamu bisa dengan nyaman menikmati keindahan wisata bahari yang menawan./e