Waspada Kamu Bisa Ketularan Virus Corona, Ini Cara Mencegahnya!

Waspada virus Corona, pake masker. Sumber Foto : AP Photo/Fu Ting

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Jumlah korban jiwa dan yang ketularan virus corona terus bertambah, dari Kota Wuhan di China dan menyebarluas ke kota-kota lainnya hingga penjuru dunia.

Data terbaru menunjukkan ada sekitar 2.000 orang terjangkit, dan 56 meninggal dunia, seperti kami kutip dari cnbcindonesia.com (27/1/2019).

Virus yang memiliki nama resmi novel coronavirus (nCoV) sangat berbahaya karena dapat bermutasi sekitar sejuta kali lebih cepat ketimbang virus DNA. Virus ini pun yang sempat menyebabkan wabah penyakit SARS dan MERS yang melanda dunia pada 2003 silam.

Pesatnya penyebaran virus ini coba dianalis oleh para peneliti. Hasilnya menunjukkan, setiap orang yang terinfeksi virus corona rata-rata berpotensi menyebarkan kedua atau tiga orang lainnya yang sehat, cukup dengan kontaminasi udara.

“Tidak jelas pada saat ini apakah wabah ini dapat ditahan di China,” kata Neil Ferguson, spesialis penyakit menular di Imperial College London yang ikut memimpin salah satu studi seperti dikutip dari Reuters.

Tim Ferguson menyampaikan sebanyak 4.000 orang di Wuhan sudah terinfeksi pada 18 Januari dan rata-rata setiap kasus menginfeksi dua atau tiga lainnya.

Studi kedua dari para peneliti di Lancaster University Inggris juga menghitung tingkat penularan pada 2,5 orang baru rata-rata terinfeksi oleh setiap orang yang sudah terinfeksi.

“Jika epidemi terus berlanjut di Wuhan, kami memperkirakan (itu) akan jauh lebih besar pada 4 Februari nanti,” tulis para ilmuwan.

Ibu dan Anak melakukan pencegahan penularan virus Corona dengan memakai masker. Sumber Foto : Reuters.

“Infeksi akan terjadi di kota-kota China lainnya, dan tersebar ke negara lain akan lebih sering terjadi.”

Kepala Program Penelitian Biosecurity di Kirby Institute Raina MacIntyre di Universitas New South Wales di Australia, mengatakan dalam beberapa hari terakhir kondisinya sangat memprihatinkan, di mana infeksi telah menyebar luas. “Semakin luas infeksi di bagian lain China, semakin besar risiko penyebaran global,” kata MacIntyre.

Australia sebagai tujuan populer pengunjung China mengonfirmasi empat kasus pertama dari virus pada pelancong dari China, yang semuanya pernah ke Wuhan.

Pemerintah Indonesia diharapkan mengeluarkan travel warning berkaitan dengan penyebaran virus corona. Sumber Foto : AP Photo/Andy Wong

“Yang kami butuhkan adalah lebih banyak data yang akan dipublikasikan tentang faktor-faktor risiko, penularan, masa inkubasi, dan epidemiologi, sehingga kami dapat memahami tindakan pengendalian apa yang paling tepat,” kata MacIntyre.

Kantor Berita Reuters menyebutkan, virus corona adalah bagian dari keluarga besar virus yang bersemayam dalam hewan, termasuk unta dan kelelawar. Virus jenis ini dimungkinkan menular ke manusia.

Jadi, siapa saja bisa tertular virus corona, seperti flu biasa, yang dapat menyebabkan penyakit ringan hingga sedang, tetapi beberapa di antaranya, bahkan mampu menyebabkan penyakit parah tergantung daya tahan tubuh manusia.

Meski belum dapat dipastikan, para peneliti menduga virus ini berasal dari hewan liar yang dijual di beberapa pasar basah Kota Wuhan. Sebut saja seperti kelelawar, ular, musang, dan lainnya.

Antisipasi ya Gaaees, Berikut ini upaya mencegahnya..

1. Jangan konsumsi daging hewan liar sembarangan seperti kelelawar, ular, monyet dan teman-temannya. Pastikan juga kamu gak kontak fisik langsung dengan hewan-hewan liar saat berlibur ke luar negeri, apalagi ke China.

2. Hindari Kontak Fisik dengan Pasien ISPA, kalo kamu merasa melihat tanda-tanda virus Corona di orang-orang sekitar, hindari kontak fisik dengannya. Kenakan masker dan sarung tangan jika kamu harus membantu dia.

3. Cuci Tangan, banyakin cuci tangan, terutama saat menyentuh orang yang sakit flu. Jaga-jaga aja, lebih baik waspada. Kebersihan tangan wajib banget dijaga. Cuci tangan pakai sabun yang bersih Gaaees.

4. Pake Masker, dengan masker, udara yang akan masuk ke dalam tubuh bakal tersaring. Masker juga berguna jika kamu tengah mengidap batuk atau pilek.

5. Minum vitamin, perbanyak makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin. Perkuat daya tahan tubuh. Periksa ke dokter atau ke rumah sakit, kalo kamu demam, flu, meriang batuk berkepanjangan, apalagi sulit bernafas, segera periksa ke dokter Gaaees atau pergi ke rumah sakit terdekat untuk pengobatan./e