Yu Sheng Salad, Kuliner Nikmat Khas Imlek

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting masyarakat keturunan Tionghoa. Banyak cara dalam merayakannya, seperti jamuan makan malam, penyulutan kembang api, dan lainnya.  Selain bisa berkumpul bersama keluarga terkasih, Imlek juga menjadi momen yang dinanti untuk menikmati makanan yang hanya ada saat Tahun Baru Cina ini. Salah satunya Yu Sheng Salad!

Makanan khas pembuka pada acara jamuan makan malam sebelum Imlek.

Yups, Yu Sheng Salad merupakan makanan pembuka yang  dimakan terlebih dahulu saat mulai merayakan Imlek. Salad ini terdiri dari ikan dan sayuran segar.  Dipilihnya ikan dan sayuran segar karena mempunyai makna yang mendalam.  Tidak hanya bahannya yang mengandung arti besar, lho.. tapi dari  cara menyantapnya pun juga.

Sejarah Yu Sheng Salad

Imlek atau Tahun Baru China merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa, dimana pun mereka berada. Merayakan dengan meriah, jadi hal kebiasaan mereka, termasuk di Indonesia. Namun, bukan berarti tiap rentetan tradisi Imlek selalu disadur dari Tionghoa. Tradisi kebiasaan makan Yu Sheng Salad justru bukan bawaan dari negara tirai bambu.  Tradisi ini tercipta karena kebiasaan nelayan imigran yang datang dari Guangzhou yang menetap di Malaysia.

Saat itu, setiap menjelang Imlek, hasil tangkapan ikan para imigran sangat melimpah. Sehingga, ikan-ikan ini mereka jadikan santapan utama jamuan makan malam Imlek mereka. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini diadaptasi oleh etnis Tionghoa lainnya yang tinggal di Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Sebelum disantap, bahan-bahan salad dihidangkan secara terpisah. Sayuran ada di satu wadah, ikan di wadah yang berbeda, serta masing-masing sausnya ada di mangkuk lain. Biasanya, ikan yang dipilih adalah irisan ikan tuna atau salmon.

Nah, ternyata masing-masing bahan salad memiliki makna. Seperti ikan yang melambangkan kelimpahan, kulit wonton goreng sebagai lambang emas, dan wortel memiliki arti keberuntungan. Ketika semua disatukan, diharapkan seluruh keluarga akan mendapat kelimpahan dan berkat di tahun yang akan datang.

Di sinilah keunikan dan tradisi menikmati Yu Sheng Salad. Keluarga duduk mengelilingi hidangan. Kemudian, semua bahan salad dicampur menjadi satu. Seluruh anggota keluarga mengaduk salad menggunakan sumpit masing-masing, sembari berteriak tentang doa dan harapan mereka di tahun baru.

Salad diaduk dan diangkat tinggi. Ada kepercayaan yang mengatakan, semakin tinggi Yu Sheng diangkat, semakin besar dan tinggi pula rezeki yang akan diterima. Selama proses mengaduk salad, para anggota keluarga akan tertawa, bahagia, dan menjadi ritual favorit saat imlek.

Tidak ketinggalan, moment mengesankan ini harus diabadikan dalam jepretan smartphone yang juga langsung dishare ke semua sosmed, IG dan FB.  Tentu saja, dengan XL Axiata yang memiliki jaringan internet stabil yang sudah terfiberisasi, moment kegembiraan ini langsung beredar di kalangan teman-teman dan saudara yang berjauhan. Dan pastinya, perayaan Imlek semakin menyenangkan karena tetap dapat terhubung dengan internet dan mengunggah foto-foto keseruannya ke media sosial.   Cobain yuk dengan jaringan XL Axiata, melalui produknya XL dan Axis,  jaringan internetnya jadi lebih stabil. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi