Candi di Jateng Terpaksa Tutup! Di Tengah Maraknya Serangan Covid-19, Ini Jawab Menteri Sandi Tips Berwisata

Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group,ANTARA KALBAR RAIH JUARA DUA LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,BERITA BKKBN,HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE-28,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,KEPALA BIRO UMUM DAN HUMAS (BIRUMAS) BKKBN PUTUT RIYATNO,KEPALA BKKBN HASTO WARDOYO,LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,MEDIA INDONESIA SEBAGAI MEDIA CETAK NASIONAL DIDAPUK JUARA PERTAMA LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARA PEMENANG LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,PARIWISATA INDONESIA,PLT DEPUTI BIDANG KSPK BKKBN LALU MAKRIPUDDIN,PRANATA HUMAS ADE ANWAR,SINDIKAT POST SEBAGAI MEDIA ONLINE LOKAL DIDAPUK JUARA PERTAMA LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Duet romantisme Menparekraf Sandiaga Uno dan Mpok Nur saat kunjungan kerja di Jawa Tengah / Ilustrasi: Kompilasi Foto

PariwisataIndonesia.id – Pasca Lebaran, kasus Covid-19 terus merangkak naik. Akhirnya, sejumlah Candi di wilayah Jawa Tengah terpaksa tutup sementara.

Hal itu terungkap dalam pengumuman yang disampaikan oleh Balai Konservasi Borobudur; PT Taman Wisata Candi; dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta yang menyatakan ditutup, dan terhitung sejak 23 Juni hingga 2 Juli 2021.

Menurut Kepala Unit Penyelamatan, Pengembangan, dan Pemanfataan Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Yogyakarta, M. Taufik, “Dua situs yang tutup adalah Situs Ratu Boko dan Situs Warung Boto,” jelas Taufik.

Informasi yang Redaksi Pariwisata Indonesia terima, tindakan menutup wisata Candi berdasarkan imbauan yang datang dari Pemerintah Pusat melalui surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 9 Tahun 2021, tertanggal 18 Juni 2021 tentang Kebijakan Bekerja dari Rumah guna menekan secara masif penyebaran Covid-19 lebih meluas lagi.

Mengomentari hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjawab “setuju” dan ikut mendukung.

Bahkan dirinya pun tidak mempersoalkan keputusan yang sudah diambil oleh Kementerian Pendidikan, pemerintah daerah, dan pengelola candi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pengelola. Keputusannya ditutup dan Kementerian Pariwisata mendukung,” jawab Sandi dari kawasan Candi Borobudur, pada Kamis (24/6).

Saat berita ini dikonfirmasi oleh media, Menteri Sandi tengah membuka International Conference Sound Of Borobudur Music Over Nations di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis 24 Juni 2021.

Suami dari Mpok Nur juga berpesan, di tengah maraknya serangan Covid-19, pariwisata menjadi serba tidak mudah.

Oleh karena itu, pihaknya dalam hal ini Kementerian Pariwisata merekomendasikan kegiatan wisata hanya berlangsung di zona hijau atau daerah yang penularannya sangat rendah.

Sementara di wilayah zona kuning, Sandi memberikan sejumlah catatan. Pertama, sesuai dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Kedua, menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin.

Saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah bersikap untuk tetap memutuskan penerapan Kebijakan PPKM Mikro dalam mengendalikan lonjakan kasus covid-19 di Tanah Air.

“Pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas,” ujar Jokowi dikutip Redaksi Pariwisata Indonesia dari laman resminya, pada Rabu (23/6) lalu.

Pengertian kebijakan PPKM Mikro sebagaimana termaktub dalam Inmendagri Nomor 10 Tahun 2021 yang berlaku mulai 15-28 Juni 2021, salah satu diantaranya yaitu pembatasan kunjungan wisatawan maksimal 25 persen dari kapasitas.

Berikut nama-nama Candi yang ditutup sementara, antara lain Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Ijo, Candi Gebang, Candi Ratu Boko, Candi Kedulan, Candi Kalasan, Candi Sambisari, dan Candi Banyunibo, Tak sekedar Candi saja, kawasan wisata yang turut menyertainya ikut ditutup.

Headline foto:  Tangkapan layar instagram sandiuno.