Semarak Harganas Ke-28, BKKBN Gelar Lomba Pemberitaan Bangga Kencana 2021

“Salah satu rangkaian Harganas dengan memberikan Apresiasi dan penghargaan kehumasan bagi pengelola kehumasan di kantor Perwakilan BKKBN Provinsi, dan media massa di seluruh Indonesia yang telah gigih menyebarluaskan informasi terkait Program Bangga Kencana dan membangun citra positif BKKBN,” Pranata Humas Ade Anwar. Berikut ulasannya.
Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group,ANTARA KALBAR RAIH JUARA DUA LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,BERITA BKKBN,HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE-28,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,KEPALA BIRO UMUM DAN HUMAS (BIRUMAS) BKKBN PUTUT RIYATNO,KEPALA BKKBN HASTO WARDOYO,LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,MEDIA INDONESIA SEBAGAI MEDIA CETAK NASIONAL DIDAPUK JUARA PERTAMA LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARA PEMENANG LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,PARIWISATA INDONESIA,PLT DEPUTI BIDANG KSPK BKKBN LALU MAKRIPUDDIN,PRANATA HUMAS ADE ANWAR,SINDIKAT POST SEBAGAI MEDIA ONLINE LOKAL DIDAPUK JUARA PERTAMA LOMBA PEMBERITAAN BANGGA KENCANA 2021,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Media Indonesia sebagai media cetak nasional didapuk Juara Pertama Lomba Pemberitaan Bangga Kencana 2021

PariwisataIndonesia.id – Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Lalu Makripuddin menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang Lomba Pemberitaan Bangga Kencana 2021 di ruang NKKBS Kantor BKKBN Jalan Permata 1, Jakarta, Rabu (23/6) kemarin.

“Selamat untuk para pemenang, hal ini kita wujudkan dalam rangka publikasi positif yang dilakukan media. Salah satu peran penting biro Humas BKKBN bisa mencitrakan dengan baik lembaga ini dan peran media menyebarluaskan kepada masyarakat,” kata Lalu Makripuddin.

Baca juga :  BKKBN Gelar Lomba Pemberitaan Bangga Kencana 2021, Berikut Nama Pemenangnya

Hal itu, ia sampaikan dalam acara Forum Jurnalistik dan pemberian penghargaan bagi pemenang lomba yang sekaligus mendukung Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 yang jatuh pada 29 Juni lalu.

Selain itu, katanya, bertujuan untuk ikut mengkampanyekan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) 2021 yang diikuti oleh Perwakilan BKKBN 34 Provinsi; Media cetak nasional, Media cetak lokal, Media online nasional dan Media online lokal.

Lebih lanjut, Plt Deputi Bidang KSPK BKKBN juga mengungkapkan bahwa selain Stunting, BKKBN mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo, yakni penanganan ibu hamil terpapar Covid-19, dan anak/balita terpapar Covid-19.

Secara terpisah, Pranata Humas Ade Anwar menyatakan hal serupa dari yang disampaikan oleh Lalu Makripuddin, bahwa kegiatan yang dimaksud sebagai rangkaian Harganas ke-28 yang selalu diperingati setiap tahunnya.

“Salah satu rangkaian Harganas dengan memberikan Apresiasi dan penghargaan kehumasan bagi pengelola kehumasan di kantor Perwakilan BKKBN Provinsi, dan media massa di seluruh Indonesia yang telah gigih menyebarluaskan informasi terkait Program Bangga Kencana dan membangun citra positif BKKBN,” jelas Ade Anwar.

Ade merinci soal Lomba Pemberitaan Bangga Kencana 2021. Menurut Ade, pertama, khusus perwakilan BKKBN di 34 Provinsi dibagi 3 Wilayah antara lain: Perwakilan BKKBN Provinsi Wilayah Barat, Wilayah Tengah, dan Wilayah Timur.

Kedua, Media Cetak dan Online dibagi 4 Kategori, antara lain: Media cetak nasional, Media cetak lokal, Media online nasional dan Media online lokal.

Ketiga, kriteria pemenang didasarkan dari jumlah pemberitaan terbanyak tentang Bangga Kencana 2021, jumlah yang ditayangkan diakumulasikan dan dinilai oleh dewan juri terhitung mulai 1 Mei hingga 30 Mei 2021.

Acara itu dibuka oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, diwakili Plt Deputi Bidang KSPK BKKBN Lalu Makripuddin, dan didampingi Kepala Biro Umum dan Humas (Birumas) BKKBN Putut Riyatno, dan Pranata Humas Ade Anwar.

Kegiatan tersebut, dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin, juga dihadiri secara daring dan luring, antara lain Pranata Humas BKKBN Perwakilan 34 Provinsi dan para jurnalis baik nasional maupun lokal.

Dalam kesempatan itu, Plt Deputi Bidang KSPK BKKBN juga menjelaskan, pihaknya berkepentingan untuk mensosialisasikan dan mengoptimalkan program kehumasan BKKBN, jangan sampai banyak program bagus tapi tidak terkomunikasikan secara baik.

“BKKBN semakin dipercaya berkat pencitraan dari Pranata Humas Pusat dan Provinsi. Suatu instansi dipercaya dari bagaimana humas mencitrakan keberadaan lembaga, pihak luar membaca dan timbul kepercayaan kepada BKKBN,” ungkapnya.

Untuk itu, perlu ditingkatkan dan dijaga hubungan baiknya, khususnya dengan para jurnalis dari media. Bahkan katanya, Humas harus melakukan beberapa poin penting, pertama, Humas harus menjaga hubungan baik dengan pihak luar atau masyarakat.

“Kedua adalah menjaga hubungan harmonis dengan jurnalis/wartawan di semua media online cetak elektronik. Kegiatan banyak tidak diekspos bak katak dalam tempurung. Tidak didengar oleh pihak lain,” tambahnya.

Akhirnya, ia melontarkan harapan, sejatinya gelaran lomba semacam ini perlu untuk terus ditingkatkan dan dijaga hubungan baiknya, khususnya sinergitas yang terbangun bersama rekan-rekan media.

“Hari ini adalah salah satu upaya harmonis Biro Humas dengan wartawan. Kita beri penghargaan wartawan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke 28, dan di peringati setiap tanggal 29 Juni,” kata Lalu.

Di sela-sela perhelatan, ia turut menyampaikan ucapan selamat kepada Media Indonesia (MI) sebagai salah satu pemenang lomba, MI didapuk juara pertama dalam kategori pemberitaan media cetak nasional, karena aktif dan terbanyak memberitakan program BKKBN Bangga Kencana.

“Selamat kepada Media Indonesia, semoga terus bisa mempublikasikan tentang program BKKBN ke depan,” ujar Plt Deputi Bidang KSPK BKKBN.


Foto headline: Sumber mediaindonesia.com