Hari ini, Uang Baru Rp75 Ribu Berlaku!

Uang 75ribu syah beredar

Pariwisataindonesia.id – Gubernur Bank Indonesia(BI) Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani secara virtual pada Senin (17/8/2020), resmi mengesahkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan dalam soal rencana dan penentuan jumlah rupiah yang hari ini berlaku dan resmi di syahkan. Penerbitan uang kertas senilai Rp 75 Ribu, dimaksudkan untuk memperingati Kemerdekaan RI ke 75 Tahun. Dan telah melalui berbagai koordinasi banyak pihak, seperti dari BI, Kemenkeu, Kemensos, dan Kemensetneg, serta para ahli waris pahlawan.

“Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI juga telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018,” sebut Menteri Keuangan.

Ia juga menambahkan bahwa pencetakan uang baru Rp 75 Ribu, tidak diedarkan secara bebas di masyarakat. Bukan juga sebagai tambahan likuiditas untuk memperkuat pembiayaan pelaksanaan ekonomi.

Dalam penjelasan secara virtual, peluncuran uang Rp 75 Ribu untuk memperingati peristiwa atau tujuan-tujuan yang bersifat khusus, dalam hal ini peringatan HUT RI ke-75.

“Peringatan HUT ke-75 RI dirayakan BI dan Kemenkeu untuk menerbitkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI,” tutur Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Berikutnya Gubernur BI Perry Warjiyo merincikan bahwa terbitnya uang Rp 75 Ribu pas bertepatan dengan HUT RI ke 75 tahun. Dan penerbitan uang baru ini adalah yang keempat kali, sebelumnya peringatan Kemerdekaan ke-25 Tahun pada 1970, Kemerdekaan ke-45 Tahun pada 1990, dan Kemerdekaan ke-50 tahun pada 1995.

“Ke depan Insya Allah Uang Peringatan Kemerdekaan RI akan dikeluarkan tiap 25 tahun,” sebut Gubernur BI.

Uang baru Rp 75 Ribu dicetak cuma 75 juta lembar. Dan bersifat khusus, ditandatangi oleh Menteri Keuangan, selaku wakil pemerintah, dan Gubernur BI.

Penerbitan uang baru Rp 75 Ribu dirilis virtual, bergambar Proklamator RI Soekarno–Hatta. Belatar kereta api dan pengibaran bendera Proklamasi Kemerdekaan 1945. Sisi lain uang tersebut, tampak siluet ragam wajah Indonesia. Memberikan pesan kebhinnekaan. Indonesia adalah negara dengan beragam suku dan budaya. Juga terdapat gambar satelit.

Sebelumnya di tahun 1995, bertepatan perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia, diterbitkan dua jenis mata Uang Rupiah. Uang koin dan uang kertas. Uang koin terbit dengan nilai nominal Rp 300 Ribu dan Rp 850 Ribu. Serta uang kertas bergambar Presiden Ke-2 RI Soeharto dikenal sebagai uang Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Uang koin terbitan tahun 1995 ini yang senilai Rp 850 Ribu, sudah langka. Jika pun dibeli lewat jalur kolektor pada kisaran Rp 30-50 Juta.