Busana Jokowi-Ma’ruf Amin dalam HUT ke-75 RI

Busana Jokowi Maruf Amin

Sebelumnya dalam saluran Youtube yang dibagikan pada 31 Juli 2020, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengajak seluruh elemen bangsa agar terlibat aktif dalam upaya bangkitkan semangat rasa cinta Tanah Air, “Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat. Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk hormati peringatan Detik-Detik Proklamasi,” pesan Mensetneg, Pratikno, selaku Ketua Panitia HUT RI ke 75 RI.

Baca Juga:   Filosofi dari Logo HUT RI Ke-75, Sudah Tahu?

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini digelar terbatas, tetap meriah dan penuh warna-warni. Dalam virtual terlihat para tamu undangan dan pejabat yang mengikuti jalannya upacara mengenakan busana-busana Nusantara.

Publik bertanya, baju busana dari adat mana yang akan dipakai Presiden dalam dua momen besar di Indonesia?

Dan memang seperti biasanya, menarik perhatian dunia. Presiden ke-7 Indonesia, akan mengenakan busana dari adat mana yaa? Publik Indonesia dapat kado istimewa di hari Kemerdekaan ke 75 Tahun dari Presiden Joko Widodo(Jokowi).

Periode keduanya ini, sosok Presiden yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961, debut pertama kali terjun ke pemerintahan sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) tanggal 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012. Selepas itu, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, 15 Oktober 2012 sebelum terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Presiden Jokowi penuh bangga menggunakan pesan identitas kebangsaan dan kebhinnekaan.

Jawaban baju adat dari budaya mana?, Bocoran bisa terlihat dalam busana Presiden saat pidato kenegaraan. Baju adat yang dikenakan pada Sidang tahunan MPR/DPR RI yang dilangsungkan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) adalah baju adat dari provisi yang dikenakan di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Kemerdekaan RI.

Presiden Jokowi memberikan pidato kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT RI ke-75 berbusana adat apa?

Hasil pantauan redaksi www.pariwisataindonesia.id, yang menghadirkan wartawan senior, turut menghadiri jalannya Sidang tahunan MPR/DPR RI. Tim wartawan yang diketuai oleh Gunarso melaporkan dari Gedung DPR/MPR RI, bahwa ia berjarak dan posisinya berdekatan dengan Presiden Jokowi.

Tampak jepretan Video IG, dalam postingan instagram Ketua DPR RI Puan Maharani. Tonton, yuk!

Terlihat Presiden Jokowi mengenakan kemeja hitam berlengan panjang dengan balutan kain dan topi berwarna emas khas Nusa Tenggara Timur (NTT), memakai masker saat mendatangi Kompleks Parlemen.

Selanjutnya, tayangan video live streaming yang disiarkan langsung dari Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020), tampak Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi keluar dari Istana Merdeka menuju arena upacara tepat pada pukul 09.55 WIB.

Kepala Negara tampak gagah mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo. Sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional.

Presiden Pimpin Upacara HUT ke 75 RI
Dokumen Humas Kemensetneg

Adapun, Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin terlihat mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia bercorak warna gelap, Wapres tampak serasi berdampingan dengan Ibu Hj. Wury yang juga mengenakan baju kurung modern dan Songket Tabur.

DIjelaskan melalui situs resmi setneg.go.id, Busana yang dikenakan Presiden bermotif tenun sedikit ada modifikasi dan tetap tak mengurangi filosofi dari baju adat. Berbentuk belah ketupat (geometris) dengan batang tengah yang menggambarkan sumber air. Pada bagian pinggir bergerigi melambangkan bahwa kewilayahan NTT berbukitan, juga berkelok-kelok. Adapun warna merah dalam busana yang dikenakan Presiden Jokowi makna keberanian. Serta pada ikat kepala, filosofi raja yang senantiasa melindungi rakyat.

Upacara Detik-Detik Proklamasi diselenggarakan secara khidmat hingga pukul 10.35 WIB. Dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara.

Busana Jokowi Hut ke 75 RI
Foto Dokumen: Humas Kemensetneg

Pada upacara Detik-Detik Proklamasi tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi memang kerap mengenakan busana adat dari berbagai daerah. Dalam HUT ke-74 Republik Indonesia tahun lalu misalnya, Presiden memilih untuk mengenakan busana adat khas Klungkung dari Provinsi Bali. Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat.

“Dulu pun pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” kata Presiden saat itu.

“Dengan mengenakan pakaian adat ini, Presiden Joko Widodo hendak mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang dikenal kaya akan seni kriya, tenun, serta kebudayaan Nusantara,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.