Kasetpres Heru Budi Hartono, Raih Prestasi Luar Biasa

Rekor Muri HUT ke 75 RI

Sekretariat Presiden terima penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia secara daring dengan peserta upacara terbanyak. Prestasi mendunia, dan kejadian spektakuler dalam perayaan independence day ke 75 RI. Rekor istimewa pecah di Tanah Air karena belum pernah terjadi di dunia.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, sabet rekor dunia atas pencapaian prestasi hebat melaksanakan perayaan Upacara HUT ke 75 RI ditengah pandemi covid-19. Acara penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, pada Senin, 17 Agustus 2020.

Baca Juga:  Busana Jokowi-Maruf Amin dalam HUT ke 75 RI

Heru mengucapkan apresiasi kepada MURI atas penghargaan yang diberikan kepada segenap jajaran dan semua tim yang telah bekerja keras. Menurutnya, penghargaan tersebut kebanggaan tersendiri bagi institusi yang ia pimpin.

“Pak Jaya Suprana mewakili Museum Rekor Dunia Indonesia(MURI), kami jajaran Sekretariat Presiden mengucapkan terima kasih. Tentunya prestasi membanggakan buat kita semua,” kata Kasetpres.

Rekor MURI HUT ke 75 RI
Foto: Dok.Setneg RI

Dan selaku pendiri MURI Jaya Suprana memberikan pernyataan soal rekor yang meledak di Tanah Air. Peristiwa sejarah yang luar biasa ini, rekor istimewa. Belum pernah terjadi di dunia seperti terjadi di Indonesia. Selain peserta upacara terbanyak, rekor pelaksanaan gelar Peringatan Upacara HUT ke 75 RI secara daring baru pertama kali dilakukan.

“Ini bukan sekadar rekor Indonesia tapi rekor dunia karena belum pernah upacara kemerdekaan di manapun di negara lain yang diselenggarakan secara daring dan ini merupakan yang pertama,” kata Jaya Suprana yang dalam acara penyerahan piagam bergabung secara virtual.

Berikutnya, Awan Raharjo selaku perwakilan dari MURI secara simbolis serahkan langsung piagam penghargaan rekor MURI kepada Heru. Turut hadir Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Pelaksanaan Peringatan Upacara HUT ke 75 RI berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Kemerdekaan RI, dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih tahun 2020 dapat diikuti masyarakat umum secara virtual.

Panitia Hut ke-75 RI mengalokasikan undangan virtual sebanyak 17.845 slot. Bahkan habis sebelum hari penyelenggaraan. Turut diikuti oleh para pendaftar yang berada dari 33 negara. Pihak Sekretariat Presiden membuka kurang lebih 15 ruang virtual bagi belasan ribuan pendaftar. Masing-masing ruang tersebut dipandu oleh pembawa acara profesional untuk semarakkan suasana.

Panitia dari Sekretariat Presiden mengendalikan jalannya upacara virtual Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dalam ruang khusus. Diikuti lebih dari 20.000 undangan. Setelahnya itu, saat penyerahan rekor MURI, juga menerapkan protokol kesehatan.