Hari Perhubungan Nasional 2021, Menhub Minta Seluruh Sektor Transportasi Beri Sumbangsih

Sehari sebelumnya, momen bahagia peringatan Harhubnas dicederai peristiwa kurang pantas, seharusnya itu tidak terjadi, diduga, dikakukan oleh pengawal Budi Karya Sumadi yang melakukan kekerasan kepada awak media Liputan6.com. Hal tersebut, terekam kamera dan terjadi saat kunjungan kerja Menhub Budi di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (16/9).

PariwisataIndonesia.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak seluruh unsur di sektor transportasi terus bergerak maju dan berani berubah.

Imbauan tersebut disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi, terkait tema Hari Perhubungan Nasional tahun 2021 yang diperingati pada tanggal 17 September setiap tahunnya, mengusung tema “Bergerak Harmonikan Indonesia”.

Sehari sebelumnya, momen bahagia peringatan ini dicederai peristiwa yang seharusnya tidak terjadi dan dikakukan oleh pengawal Budi Karya Sumadi, diduga, terjadi kekerasan kepada awak media Liputan6.com. Peristiwa itu terekam kamera dan terjadi saat kunjungan kerja Menhub di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (16/9).

Sementara, imbauan yang disampaikan oleh Menhub Budi, diharapkan perubahannya demi memberi sumbangsih yang terbaik bagi kemajuan transportasi yang pada akhirnya memberi harmoni bagi bangsa dan negara kita.

“Momentum Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021 dapat dikuti dengan sepenuh hati sehingga dapat memperteguh semangat dan bakti yang tak henti untuk Ibu Pertiwi. Mari bersama Bergerak Harmonikan Indonesia,” kata Menhub Budi.

Pernyataannya tersebut, diutarakan saat memimpin Upacara Hari Perhubungan Nasional 2021 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Dalam kesempatan itu, ia menyatakan, Hari Perhubungan Nasional 2021 merupakan momentum yang tepat bagi insan perhubungan agar terus memperbaiki kinerja di sektor transportasi, sekaligus merefleksikan apa yang sudah dilakukan. Lalu, karya apa lagi yang dapat diwujudkan ke depannya bagi bangsa dan negara.

Terkait pidatonya tersebut, ia juga menambahkan (sembari mengingatkan jajarannya), bahwa Indonesia telah masuk tahun ke 2 pandemi Covid-19. Lanjutnya, dampak dari hal itu, tatanan di berbagai sektor memaksa mau tidak mau mesti berubah, termasuk sektor yang ia pimpin.

Saat yang sama, insan perhubungan harus pula diberi tanggung jawab ‘membangun’ sejumlah infrastruktur transportasi sebagai tugas dan fungsi utamanya.

“Untuk melakukannya tentu tidak mudah, perlu inovasi dan terobosan tapi juga kehati-hatian. Yang tidak kalah penting adalah juga perubahan cara pandang untuk melihat perubahan lingkungan ini sebagai sebuah tantangan yang di baliknya selalu ada peluang,” imbuhnya.

Selanjutnya, Menhub Budi mengingatkan, semua pihak sedang bekerja keras menuju Indonesia Maju. Untuk itu, ia menerangkan sejelas-jelasnya, bahwa insan transportasi memiliki tugas mulia mewujudkan konektivitas yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah di seluruh Indonesia. Kemudian, melayani secara cermat dan apik.

Sejalan dengan hal itu, sambungnya, tidak hanya untuk saat ini, tapi juga untuk jangka panjang yang sudah tentu, tantangan yang dihadapi jauh lebih besar lagi.

“Transportasi yang lebih berkelanjutan, lebih ramah lingkungan akan menjadi sebuah keniscayaan,” ujarnya.

Dalam rangka memperingati Harhubnas, sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh insan transportasi, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat.

Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya Kick off Harhubnas 2021 yang telah digelar pada 1 September yang lalu; Donor darah dan plasma konvalesen; Bakti Sosial, Kebersihan Lingkungan dan Ziarah ke makam pahlawan; Webinar Perhubungan Mengajar dan Webinar Keselamatan Transportasi; Penandatanganan P3D dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada Pemprov Jawa Timur serta Penandatanganan MoU antara Kementerian Perhubungan dengan Badan Pusat Statistik.

Kemudian Launching Kampanye Kolaboratif “Insan Transportasi Melayani Negeri”, Perlombaan Film Pendek Keselamatan Transportasi, Tiktok Competition Harhubnas ‘Aku dan Transportasi”; Peresmian Sarana Prarana Transportasi; serta Pelantikan Perwira Transportasi.

Turut hadir secara langsung mengikuti upacara Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Perhubungan dan diikuti secara virtual oleh pegawai Kemenhub di seluruh Indonesia serta stakeholder Perhubungan baik dari pemerintah daerah maupun BUMN.